spot_img
Kamis 25 April 2024
spot_img
More

    13 Manfaat Garam Dapur untuk Ibu Rumah Tangga

    BANDUNG,FOKUSJabar.id: Garam dapur adalah sejenis mineral yang dapat membuat rasa asin. Biasanya yang tersedia secara umum adalah Natrium Klorida (NaCl) yang dihasilkan oleh air laut.

    Garam dalam bentuk alaminya adalah mineral kristal yang dikenal sebagai batu garam atau halite.

    Baca Juga: 8 Jurus Ampuh Atasi Insomnia

    Mineral Kristal ini sangat diperlukan tubuh, tetapi bila dikonsumsi berlebih dapat menyebabkan berbagai penyakit. Termasuk tekanan darah tinggi (hipertensi).

    Selain itu, digunakan juga untuk mengawetkan makanan dan sebagai bumbu. Untuk mencegah penyakit Gondok, sering ditambahi Yodium.

    Dalam ilmu kimia, Garam adalah senyawa Ionik yang terdiri dari ion positif (kation) dan ion negatif (anion), sehingga membentuk senyawa netral (tanpa bermuatan).

    Bumbu dapur ini terbentuk dari hasil reaksi asam dan basa. Komponen kation dan anion dapat berupa senyawa anorganik seperti klorida (Cl), dan bisa juga berupa senyawa organic seperti asetat (CH3COO) dan ion monoatomik seperti fluorida (F), serta ion poliatomik seperti sulfat  (SO42−).

    Ada banyak macamnya. Bumbu dapur yang terhidrolisa dan membentuk ion hidroksida ketika dilarutkan dalam air maka dinamakan garam basa.

    Penyedap masakan yang terhidrolisa dan membentuk ion hidronium di air (asam). Larutan Zwiterion mempunyai sebuah anionik dan kationik di tengah di molekul yang sama. Tetapi tidak disebut sebagai garam. Contohnya, asam amino, metabolit, peptide dan protein

    Larutan dalam air (misalnya natrium klorida dalam air) merupakan larutan elektrolit, yaitu larutan yang dapat menghantarkan arus listrik.

    Cairan dalam tubuh makhluk hidup mengandung larutan garam. Misalnya, sitoplasma dan darah. Tapi, karena cairan dalam benda ini juga mengandung banyak ion-ion lainnya, maka tidak akan membentuk garam setelah airnya diuapkan.

    Berikut 13 Manfaat Garam Dapur:

    1. Mencegah buah yang dipotong berubah warna

    Buah yang dipotong lama-kelamaan berubah warna menjadi kecokelatan. Selain dengan jeruk nipis, air bumbu dapur ini bisa mencegah perubahan warna pada buah sehingga terlihat segar.

    2. Mencerahkan warna pakaian

    Pudarnya warna baju memang membuat kurang percaya diri. Namun kamu tidak perlu khawatir lagi karena mencuci baju dengan menambahkan ¼ cangkir benda asin ini akan mengembalikan warna pakaian seperti baru.

    3. Exfoliator kulit

    Garam bisa menjadi alternatif untuk merawat kulit kering karena bisa menghilangkan kulit mati dan melancarkan peredaran darah. Gunakan saat kulit setengah basah lalu scrub pada kulit dengan lembut.

    4. Memutihkan gigi

    Bersihkan gigi dengan ¼ sendok teh dengan baking soda lalu berkumur dengan air hangat. Atau bisa juga mencampurkan pasta gigi dengan bumbu dapur ini kemudian mulailah menyikat gigimu.

    5. Menghilangkan bakteri dan bau mulut

    Bau mulut biasa disebabkan oleh kuman dan bakteri. Nah, untuk menghilangkannya adalah dengan melarutkan bumbu dapur ini dengan air hangat dan berkumur selama beberapa detik secara rutin.

    garam fokusjabar.id
    foto web

    6. Mencegah ketombe rambut

    Bumbu dapur ini juga bisa mencegah ketombe loh. Caranya adalah sebelum berkeramas, taburkan ke kulit kepala kemudian pijat ke seluruh bagian kurang lebih selama lima menit lalu bilas dengan bersampo.

    7. Mengatasi jerawat

    Jerawat yang membandel memang menjengkelkan. Mengobatinya bisa dengan menggunakannya. Pertama, larutkan satu sendok makan dengan air dan celupkan kapas ke dalamnya lalu aplikasikan pada area jerawat. Kemudian biarkan sampai kering dan bilas dengan air bersih.

    8. Mengobati sakit tenggorokan

    Tenggorokan yang bengkak dan berlendir dapat diobati dengan berkumur air hangat yang dicampur ½ sendok teh. Lakukan selama 30 detik sampai satu menit secara rutin agar nampak khasiatnya.

    9. Mengobati luka

    Berfungsi sebagai anti peradangan, maka jika kulit kamu terluka cukup rendam lukamu pada air hangat yang dicampur selama beberapa menit.

    10. Menghaluskan bibir

    Selain mengelupas kulit, juga bisa menghaluskan bibir kering. Caranya bisa menaburkan garam ke area bibir dan pijat secara halus agar kulit kering terangkat

    11. Hilangkan kotoran di kompor, wajan besi dan talenan

    Cara ampuh membersihkan peralatan dapur dari kotoran dan kerak adalah dengan menggunakan garam. Kamu bisa menebar garam pada area yang kotor dicampur dengan sedikit air maupun perasan jeruk nipis atau lemon.

    garam fokusjabar.id
    foto web

    12. Membersihkan bekas minuman pada perabot rumah

    Ada cara mudah membersihkan bekas minuman yang tertinggal di meja maupun kursi. Dengan menebarkan garam pada noda tersebut, lalu digosok dengan sponge basah maka bekas minuman pun bersih

    13. Membuka sumbatan pipa di wastafel

    Jika saluran pembuangan tersumbat terutama oleh minyak atau lemak, cobalah menggunakan garam. Masukan ½ gelas garam ke dalam saluran, tunggu beberapa menit lalu guyur dengan air panas. Semoga Bermanfaat.

    (Bambang Fouristian/berbagai sumber)

    Berita Terbaru

    spot_img