Jumat 2 Oktober 2020

Gegara ini, Kepala Dinas Pertanian Pangandaran Dipanggil Bawaslu

PANGANADARAN, FOKUSJabar.id: Badan Pengawas Pemilu (Bawaslu) Kabupaten Pangandaran memanggil satu orang Aparatur Sipil Negara (ASN) Kabupaten Pangandaran berinisial SU. SU yang diketahui merupakan kepala dinas pertanian Kabupaten Pangandaran ini dipanggil bawaslu karena diduga melakukan pelanggaran netralitas ASN.

Ketua Bawaslu Iwan Yudiawan mengatakan bahwa pemanggilan itu berdasarkan hasil temuan di akun Instagram yang bersangkutan. Kata ia, SU telah menunjukan simbol atau identitas yang merujuk pada salah satu bakal pasangan calon, pada poto yang diupload di media sosial. 

“Iya dalam acara pertanian, fotonya di upload pada tanggal 11 September,” katanya saat dihubungi melalui pesan whatsapp Rabu (16/9/2020).

Kata Dia, dalam pemanggilan tersebut, SU menjelaskan bahwa alasanya membuat simbol tersebut, sebagai filosopi habuminallah dan habluminanas.

“Dari keterangan itu kami buat berita acaranya dan kami akan laporkan itu ke Komisi Apratur Sipil Negara (KASN),” kata Iwan.

Pihaknya, hanya berwenang  meminta keterangan dan semua keputusan ada di KASN. “Selain ASN kami juga memanggil dua perangkat desa yang juga diduga tidak netral,” kata Iwan.

BACA JUGA: Soal Covid -19 Pemkab Pangandaran Gelar Rapat Koordinasi

Iwan berharap ASN di Pangandaran  bisa menjaga netralitas selama tahapan Pilkada 2020. Karena konsekuensinya sangat fatal.

Sementara itu Komisioner Bawaslu Gaga Abdillah mengatakan bahwa dari awal 2020 sampai saat ini, sudah ada 3 ASN yang dipanggil, terkait dugaan pelanggaran netralitas ASN.

“Untuk dua perangkat desa rekomendasinya telah disampaikan ke Dinsos PMD,” kata dia.

Gaga mengatakan pihaknya terus memantau aktifitas PNS dan perangkat desa di media sosial, karena rentan terjadi pelanggaran netralitas.

(Agus/Antik)

Artikel Lainnya

DPR Minta Pemerintah Bantu Media Tidak Tergerus Sosmed

BANDUNG,FOKUSJabar.id: Anggota Komisi 1 DPR RI Muhammad Farhan menganggap...

Ingin Tahu Rahasia Promosi? Ikut Bincang Bisnis Bank bjb, Gratis!

BANDUNG,FOKUSJabar.id: Bank bjb menghadirkan diskusi virtual dengan tema "Membuat Promo Audio Visual Singkat untuk Meningkatkan Penjualan" yang akan digelar pada hari Jumat (2/10/2020) mulai...

KONI Jabar Distribusikan Perlengkapan Pencegahan Covid-19

BANDUNG,FOKUSJabar.id: KONI Jabar distribusikan bantuan perlengkapan pencegahan Covid-19 dari Kementerian Pemuda dan Olahraga (Kemenpora) kepada para atlet dan pelatih yang tergabung dalam tim pemusatan...

Laboratorium Tes PCR Ciamis Masih Menunggu Izin Oprasional

CIAMIS,FOKUSJabar.id: Laboratorium tes PCR di RSUD Ciamis tinggal belum bisa beroprasi karena masih ada persyaratan izin oprasi yang belum terpenuhi. "Tinggal beberapa syarat izin pengoprasian...

Jokowi Ingin Rencana Produksi Vaksin Corona Siap dalam 2 Minggu

JAKARTA,FOKUSJabar.id: Presiden RI Joko Widodo (Jokowi) akan membuat perencanaan produksi vaksin virus corona (Covid-19) dalam waktu dua minggu ke depan, Senin (28/9/2020). Jokowi mengatakan perencanaan...

KPU Pangandaran Deklarasikan Kampanye Damai dan Sehat

PANGANDARAN,FOKUSJabar.id: KPU Pangandaran menggelar deklarasi kampanye damai pemilihan Bupati dan Wakil Bupati Pangandaran di Alun-alun Parigi, Jumat (25/9/2020). Deklarasi kampanye damai menjadi tanda dimulainya masa...

Debat Capres AS, Trump: Saya Tidak Ingin Membayar Pajak

AMERIKA SERIKAT,FOKUSJabar.id: Calon Presiden (Capres) Amerika Serikat (AS) dari Partai Republik Donald Trump dalam debat perdana capres AS merespon laporan The New York Times...