spot_img
Rabu 19 Juni 2024
spot_img
More

    Objek Wisata Ciamis “Sawah Nusa” Tawarkan Sejuta Keindahan Alam

    CIAMIS,FOKUSJabar.id: Objek wisata Ciamis bernama Sawah Nusa berada di  Blok Kujang -1 Dusun Ciheras Desa Selacai Kecamatan Cipaku Kabupaten Ciamis, Jawa Barat menawarkan keindahan alam pesawahan, pegunungan dan aliran sungai hanya di satu tempat.

    Dilokasi Sawah Nusa yang berada ditengah-tengah pesawahan nan elok pengunjung akan betah menikmati suasana dengan semilir angin sepoy-sepoy menerpa badan membuat segar siapapun yang merasakan suasana alami tersebut.

    Selain hamparan sawah dengan tanaman padi yang saat ini mulai musim panen keindahan alam seputar lokasi Sawah Nusa juga bisa menikmati hijaunya hutan dan gemericiknya aliran air sungai Cimuntur disekitar Sawah Nusa itu membuat pikiran tenang.

    Penggiat Budaya dan Pariwisata Desa Selacai Yus Rusmana Sudia mengatakan, melihat alam dilingkungan wisata Ciamis tersebut sangat indah maka pihaknya berinisiatif untuk membuka kawasan itu sebagai objek wisata.

    “Untuk saat ini lokasi Sawah Nusa sudah mulai ditata agar bisa dijadikan tempat pariwisata, karena dari kondisi geografi dengan keindagan alam sangat berpontensi untuk menjadi objek wisata,” katanya.

    Yus menuturkan, untuk menarik wisatawan berkunjung ke lokasi Sawah Nusa ada tiga andalan yang ditawarkan dari tempat pariwisata tersebut yaitu wisata Religi, Edukasi dan Pertanian. Untuk wisata Religi (ziarah) disekitar lokasi ada Makam Eyang Cangragati yang saat ini sudah banyak dikunjungi pengunjung.

    Yus Rusmana mengatakan, untuk wisata edukasinya Kedepanya setelah tempat tersebut jadi kawasan wisata akan ada pelatihan cara pengolahan sawah dengan cara tradisional.

    BACA JUGA: Dengan New Normal, Destinas Wisata Ciamis Buka Kembali Juli

    Wisata Ciamis
    Sejumlah pengunjung sedang menikmati suasa di objek wisata Sawah Nusa. (FOKUSJabar/Husen Maharaja)

    “Nanti para wisatawan akan diberi edukasi cara membajak sawah dengan menggunakan Kerbau,” katanya.

    Kemudian untuk wisata pertanian para pengunjung akan melihat tata cara bertanam padi sampai dengan saatnya panen tiba karena lokasi Wisata Sawah Nusa berada di areal pesawahan.

    “Namun semua konsep yang akan kami laksanakan disini masih terkendala pendanaan yang cukup besar sehingga perlu dukungan dari mana dan siapapun,” kata dia.

    Sementara itu Plt Kepala Desa Selacai Adung, mengapresiasi kawasan Sawah Nusa yang akan dijadikan salah satu objek wisata Ciamis namun pihaknya tidak bisa mengalokasikan anggaran dari desa karena rencana pembangunan kawasan itu belum masuk Musrenbang.

    “Untuk anggaran pembangunan kawasan Sawah Nusa menjadi tempat pariwisata menunggu keputusan pejabat kepala desa depinitif,” kata dia.

    (Husen Maharaja/Antik)

    Berita Terbaru

    spot_img