Sabtu 24 Oktober 2020

Objek Wisata Ciamis “Sawah Nusa” Tawarkan Sejuta Keindahan Alam

CIAMIS,FOKUSJabar.id: Objek wisata Ciamis bernama Sawah Nusa berada di  Blok Kujang -1 Dusun Ciheras Desa Selacai Kecamatan Cipaku Kabupaten Ciamis, Jawa Barat menawarkan keindahan alam pesawahan, pegunungan dan aliran sungai hanya di satu tempat.

Dilokasi Sawah Nusa yang berada ditengah-tengah pesawahan nan elok pengunjung akan betah menikmati suasana dengan semilir angin sepoy-sepoy menerpa badan membuat segar siapapun yang merasakan suasana alami tersebut.

Selain hamparan sawah dengan tanaman padi yang saat ini mulai musim panen keindahan alam seputar lokasi Sawah Nusa juga bisa menikmati hijaunya hutan dan gemericiknya aliran air sungai Cimuntur disekitar Sawah Nusa itu membuat pikiran tenang.

Penggiat Budaya dan Pariwisata Desa Selacai Yus Rusmana Sudia mengatakan, melihat alam dilingkungan wisata Ciamis tersebut sangat indah maka pihaknya berinisiatif untuk membuka kawasan itu sebagai objek wisata.

“Untuk saat ini lokasi Sawah Nusa sudah mulai ditata agar bisa dijadikan tempat pariwisata, karena dari kondisi geografi dengan keindagan alam sangat berpontensi untuk menjadi objek wisata,” katanya.

Yus menuturkan, untuk menarik wisatawan berkunjung ke lokasi Sawah Nusa ada tiga andalan yang ditawarkan dari tempat pariwisata tersebut yaitu wisata Religi, Edukasi dan Pertanian. Untuk wisata Religi (ziarah) disekitar lokasi ada Makam Eyang Cangragati yang saat ini sudah banyak dikunjungi pengunjung.

Yus Rusmana mengatakan, untuk wisata edukasinya Kedepanya setelah tempat tersebut jadi kawasan wisata akan ada pelatihan cara pengolahan sawah dengan cara tradisional.

BACA JUGA: Dengan New Normal, Destinas Wisata Ciamis Buka Kembali Juli

Wisata Ciamis
Sejumlah pengunjung sedang menikmati suasa di objek wisata Sawah Nusa. (FOKUSJabar/Husen Maharaja)

“Nanti para wisatawan akan diberi edukasi cara membajak sawah dengan menggunakan Kerbau,” katanya.

Kemudian untuk wisata pertanian para pengunjung akan melihat tata cara bertanam padi sampai dengan saatnya panen tiba karena lokasi Wisata Sawah Nusa berada di areal pesawahan.

“Namun semua konsep yang akan kami laksanakan disini masih terkendala pendanaan yang cukup besar sehingga perlu dukungan dari mana dan siapapun,” kata dia.

Sementara itu Plt Kepala Desa Selacai Adung, mengapresiasi kawasan Sawah Nusa yang akan dijadikan salah satu objek wisata Ciamis namun pihaknya tidak bisa mengalokasikan anggaran dari desa karena rencana pembangunan kawasan itu belum masuk Musrenbang.

“Untuk anggaran pembangunan kawasan Sawah Nusa menjadi tempat pariwisata menunggu keputusan pejabat kepala desa depinitif,” kata dia.

(Husen Maharaja/Antik)

Artikel Lainnya

Sejak Pandemi Covid-19 Sekretaris IDI Ciamis Tidur 3 Jam

CIAMIS,FOKUSJabar.id: Sejak Pandemi Covid-19 mengganas di China lalu menyebar...

Adira Kreatif Lokal Award 2020 masuki Babak Final

BANDUNG,FOKUSJabar.id: Sudah hampir dua bulan menjalani penjaringan dan proses seleksi, Festival Kreatif Lokal Award 2020 kini memasuki babak final. Saat ini tersisa 30 UKM terbaik yang...

Bocor! Ini Spesifikasi Huawei Mate 40 Pro

BANDUNG,FOKUSJabar.id: Huawei Mate 40 akan dirilis pada 22 Oktober mendatang. Namun, spesifikasi dan desain Huawei Mate ini telah terungkap. Bocoran spesifikasi itu datang dari situs...

Di Pangandaran, LPG 3 Kg Langka dan Mahal

PANGANDARAN,FOKUSJabar.id: Sejak beberpaka pekan terakhir ini keberadaan Liquefied Petroleum Gas (LPG) 3 kg di Kabupaten Pangandaran, Jabar sulit dicari dan harganya melambung Rp28 ribu per...

Memutus Pandemi Covid-19, Wabup Ciamis Terus Ingatkan Prilaku Pencegahan

CIAMIS,FOKUSJabar.id: Memutus pandemi Covid-19 memerlukann kesadaran tinggi di seluruh kalangan masyarakat dalam menerapkan pola pencegahan dalam prilaku keseharaian. Wakil Bupati Ciamis Yana D Putera termasuk...

Wisatawan ke Kota Bandung Bakal Meningkat Pada Cuti Bersama Nanti

BANDUNG,FOKUSJabar.id: Kepala Dinas Kebudayaan dan Pariwisata (Disbudpar) Kota Bandung Kenny Dewi Kaniasari menargetkan, menjelang cuti bersama pada 28-30 Oktober 2020 mendatang kunjungan hotel bisa...

Garnita Malahayati NasDem Garut Sambangi Nelayan “Pemakan” Ikan Mentah

GARUT,FOKUSJabar.id: Sayap Partai Nasional Demokrat (NasDem) Garda Wanita (Garnita) Malahayati gelar Bakti Sosial (Baksos) ke wilayah selatan Kabupaten Garut, Jawa Barat (Jabar), Selasa (20/10/2020). Selain...