spot_img
Jumat 10 Mei 2024
spot_img
More

    Satu Pedagang Pasar Baru Positif Covid-19, Blok S Ditutup

    BANDUNG,FOKUSJabar.id: Seorang pedagang Pasar Baru Bandung terkonfirmasi positif Covid-19 usai menjalani tes usap atau swab secara mandiri pada 30 Agustus 2020 lalu. Satu blok di Pasar Baru pun ditutup sementara untuk dilakukan sterilisasi.

    Humas Perusahaan Daerah (PD) Pasar Bermartabat Kota Bandung Iqbal Nurhakim mengatakan, satu orang yang terpapar Covid-19 merupakan pedagang pakaian yang berada di Blok S lantai dasar satu. Hasil tersebut diketahui usai pedagang melakukan tes usap secara mandiri.

    “Blok S lantai dasar satu itu pedagang fesyen. Terus yang bersangkutan terpapar berdasarkan hasil tes swab mandiri jadi tidak ada pemeriksaan dari kami tapi yang bersangkutan merasa badannya tidak sehat,” ujar Iqbal saat dihubungi melalui sambungan telepon, Selasa (1/9/2020).

    Pihaknya mengaku, belum mengetahui riwayat perjalanan pedagang tersebut sehingga terpapar virus asal Tiongkok tersebut. Pihak PD Pasar pun untuk sementara menutup Blok S yang berada di lantai dasar satu dimana tempat pedagang tersebut berjualan.

    BACA JUGA: Razia Masker di Pasar Baru, 19 Pelanggar Dikenakan Sanksi Ringan

    “Yang di Blok S di pasar baru ini ditutup sementara karena hasil rembukan. Kemarin juga kita lakukan sosialisasi terhadap pedagang, dan Alhamdulillah berjalan kondusif dengan upaya kita akan menutup sementara,” kata dia.

    Sementara Kepala Bidang Pencegahan dan Pengendalian Penyakit (P2P) Dinas Kesehatan (Dinkes) Kota Bandung, Rosye Arosdiani mengatakan, pihaknya kini tengah melakukan tracing kontak pedagang tersebut. Pasalnya, Pasar Baru Bandung mulai mengalami peningkatan pengunjung dalam dua pekan terakhir dengan adanya libur panjang.

    “Saat ini sedang dilakukan beberapa Langkah pengamanan, seperti pelacakan kontak erat, dan desinfeksi daerah yang berpotensi terjadi penularan,” ujar Rosye.

    (Yusuf Mugni/Ageng)

    Berita Terbaru

    spot_img