spot_img
Sabtu 20 April 2024
spot_img
More

    Ratusan Warga Ciamis Ikuti Pelatihan Kerja

    CIAMIS,FOKUSJabar.id: Ratusan warga ikuti pelatihan yang diadakan oleh UPTD kursus Latihan Kerja (KLK) Ciamis gelombang terakhir pada tahun 2020  di aula UPTD Klk Ciamis.

    PLT KLK Ciamis Adang Sobar menuturkan, kegiatan pelatihan kerja Gelombang ke – 3 tersebut merupakan Pelatihan terakhir pada tahun 2020  dimana ada 9 paket pelatihan .

    ” Ada 144 orang yang mengikuti pelatihan, ada yang mengikuti pelatihan di Desa dan juga di Uptd langsung ,”katanya.

    Menurut adang , pelatihan yang dilaksanakan di desa  Programmya dinamakan  Mobil traning Unit (MTU) sebanyak  4 Paket pelatihan dan 5 paket di UPTD langsung .

    ” Dari 4 Desa  yang menggelar pelatihan Mobil Training Unit (MTU ) salah satunya dikecamatan Lakbok.

    Adang mengatakan,  sebelum memasuki materi pembelajaran para peserta wajib di bekali materi  praktisi kewirausahaan , karakter building , kedisiplinan , kesehatan keselamatan kerja (K3k )  dan  motivasi kerja .

    BACA JUGA: Warga Ciamis Penerima Bantuan Geruduk Kantor Pos Banjar

    “Pelatihan yang mereka terima otomotif , menjahit , komputer dan pembuatan makanan dari hasil pertanian , Adang melanjutkan, karena saat ini masih situasi pandemi Covid-19 tetap memperhatikan Protokol Kesehatan dengan mewajibkan peserta  mamakai masker , face shield ( tutup muka) dan Hanzinitezer .

    ” Untuk proses pembekalan materi selalu dibatasi kegiatannya sesuai dengan penerapan Protokoler kesehatan dan dari 144 yang hadir 70 orang.

    Adang melanjutkan, untuk para peserta sendiri setelah mengikuti pelatihan biasanya langsung di salurkan ke beberapa perusahaan yang memang sudah bekerja sama denga UPTD.

    ” Sekarang sedikit berkurang dikarenakan situasinya sedang Pandemi Covid-19 hal itu bukan menjadi sebuah masalah menurut kami karena diketahui bahwa gelombang kemarinpun  sebagian para  peserta membuka usaha sendiri dikarenakan mereka mempunyai sedikitnya ilmu untuk berwirausaha sesuai dengan bidang keilmuan yang di dapatkan.

    ( Husen Maharaja )

    Berita Terbaru

    spot_img