spot_img
Jumat 10 Mei 2024
spot_img
More

    Besok, Uji Klinis Vaksin Covid-19 di 6 Titik

    BANDUNG,FOKUSJabar.id: Tim penelitian uji klinis vaksin Covid-19, Fakultas Kedokteran Universitas Padjajaran akan melanjutkan kembali suntik vaksin pada Selasa (25/8/2020) mendatang.

    Sebelumnya, suntik vaksin kepada para relawan sudah dilakukan pada Selasa (11/8/2020) dan Jumat (14/8/2020) kemarin.

    Juru bicara uji klinis vaksin Covid-19, dr Rodman Tarigan mengatakan, suntik vaksin Covid-19 sudah dilakukan kepada 110 relawan pada dua pertemuan sebelumnya.

    Menurutnya, uji klinis vaksin akan kembali dilakukan pada Selasa (25/8/2020) besok di enam titik yaitu Rumah Sakit Pendidikan dan Balai Kesehatan Unpad, Puskesmas Garuda, Dago, Cimbeleuit dan Sukapakir.

    “Besok (suntik vaksin), jumlah tepatnya saya kurang tahu. Minimal tiap lokasi 20-25 orang,” kata dia saat dihubungi melalui sambungan telpon  Senin (24/8/2020).

    Terkait sejumlah pejabat yang akan mengikuti suntik vaksin seperti Gubernur Jawa Barat, Kapolda Jawa Barat dan Pangdam III Siliwangi, dia enggan menjawab hal tersebut dan bisa dikonfirmasi kepada yang bersangkutan.

    “Silahkan dikonfirmasi kepada yang bersangkutan,” katanya.

    BACA JUGA: Tiga Pucuk Pimpinan Jabar Jadi Relawan Uji Klinis Vaksin Covid-19

    Dia menjelaskan, suntik vaksin Covid-19 dilakukan kepada relawan yang sudah memenuhi persyaratan yaitu berusia 18-59 tahun, sehat serta negatif Covid-19. Para relawan akan disuntik dua kali dalam rentang waktu enam bulan penelitian.

    Mereka akan mendapatkan asuransi kesehatan apabila terjadi masalah kesehatan. Selain itu, para relawan tetap bisa beraktivitas seperti biasa.

    Sejumlah pejabat daerah seperti Gubernur Jawa Barat, Kapolda Jawa Barat dan Pangdam III Siliwangi mengajukan diri menjadi relawan. Mereka dikabarkan telah terdaftar sebagai relawan uji klinis vaksin Covid-19.

    (Yusuf Mugni/Antik)
     

    Berita Terbaru

    spot_img