spot_img
Kamis 2 Mei 2024
spot_img
More

    Hubungan Seks Setelah Operasi Caesar, Wajarkah Sakit?

    BANDUNG,FOKUSJabar.id: Pasangan suami-istri pada umumnya boleh kembali berhubungan seks sekitar 3-6 minggu setelah melahirkan. Namun sebagian wanita, hubungan seks setelah operasi caesar bisa terasa sakit selama beberapa bulan bahkan setelah mendapatkan lampu hijau dari dokter. Apa alasannya?

    Kenapa hubungan seks setelah operasi caesar bisa terasa sakit?

    Melansir Hellosehat, studi baru yang diterbitkan dalam BJOG, jurnal internasional seputar obstetri dan ginekologi, menunjukkan wanita yang menjalani operasi caesar lebih sering mengalami nyeri saat berhubungan seks dalam 18 bulan pertama setelah melahirkan.

    Namun, Studi ini tidak membuktikan operasi caesar sebagai penyebab tunggal dari rasa sakit saat berhubungan seks pasca melahirkan. BACA JUGA: Ini Manfaat Mindfulness Bagi Tubuh dan Pikirian

    Dr. Arun Gosh dari klinik Liverpool Spire One berpendapat bahwa penyebab merasa sakit saat berhubungan seks setelah menjalani operasi caesar berbeda-beda setiap orang.

    Pasca operasi caesar, rahim yang tadinya berkontraksi dan membesar akan kembali ke ukuran semula. Selama proses pemulihan ini rahim Anda mungkin dapat mengalami luka sehingga Anda lebih berisiko untuk membentuk jaringan parut di sekitar rahim.

    Anda juga lebih rentan terhadap infeksi karena leher rahim jadi sangat melebar setelah melahirkan, yang menjadikannya pintu masuk mudah bagi bakteri menyusup ke dalam rahim, meski tergolong jarang.

    Ada juga masalah hormon yang mungkin akan Anda hadapi pasca operasi caesar. Bagi ibu yang melahirkan normal, tubuhnya akan menguras seluruh hormon yang telah menumpuk selama kehamilan. Perubahan hormon drastis ini kemudian dapat menyebabkan anorgasmia, yang berarti Anda tidak bisa orgasme terlepas dari stimulasi apapun yang Anda terima di daerah vagina.

    Namun, ini bukan berarti ibu yang menjalani operasi caesar terbebas dari masalah yang sama. Pasca operasi caesar, keseimbangan hormon tubuh Anda tidak dipulihkan secara alami sehingga kesempatan Anda mengalami kesulitan orgasme justru akan lebih besar. Perubahan hormon jugalah yang membuat vagina terasa kering setelah melahirkan. Vagina yang kering saat melahirkan dapat membuat penetrasi terasa menyakitkan.

    Selain menimbulkan rasa sakit, seks setelah caesar dapat membuati jahitan operasi terbuka kembali. Bagi beberapa perempuan, bekas jahitan berusia beberapa bulan masih terasa sakit ketika bergerak, bergesekan, atau bersentuhan dengan sesuatu. Maka, seks bisa jadi sedikit sulit kalau Anda masih merasakan sakit.

    Kapan waktu yang tepat kembali berhubungan seks setelah operasi caesar?

    Pasca operasi caesar, lumrah jika hubungan seks pada kali pertama Anda melakukannya mungkin terasa tidak senyaman biasanya. Ini merupakan hal yang normal terjadi pada semua ibu yang baru saja melahirkan — terlepas dari metode persalinan yang Anda lakukan.

    Perubahan ini juga bukan berarti Anda harus sepenuhnya absen total dari hubungan seks. Dan lagipula, “Kehidupan seks kebanyakan perempuan kembali normal setelah melahirkan,” ungkap Idries Abdur-Rahman, M.D., spesialis kandungan bersertifikat, pada Self.

    Jika Anda merasakan ketidaknyamanan sehingga Anda jadi tidak bisa melakukan hubungan seks setelah operasi caesar bahkan setelah enam sampai delapan minggu, konsultasikan dengan dokter Anda untuk menentukan apakah tubuh Anda sudah memulih dengan benar.

    Untuk sementara itu, untuk hubungan seks setelah operasi caesar anda bisa menyiasatinya dengan menggunakan pelumas seks, memperlama waktu foreplay, dan coba untuk lebih rileks bersama pasangan, jangan terlalu memaksakan diri untuk berhubungan seks. Ketahui juga bahwa tubuh Anda akan memulih kembali secara alami seperti sedia kala seiring waktu berjalan.

    (Agung)

    Berita Terbaru

    spot_img