spot_img
Tuesday 30 April 2024
spot_img
More

    2021, Andrea Dovizioso Tak Lagi Perkuat Ducati

    AUSTRIA,FOKUSJabar.id: Masa depan Andrea Dovizioso di tim Ducati MotoGP dipastikan akan berakhir pada balapan MotoGP musim 2020. Hal ini seiring dengan tidak akan diperpanjangnya kontrak Dovizioso di tim asal Italia yang habis pada musim ini.

    Mengutip Autosport, Andrea Dovizioso bergabung dengan Ducati pada 2013 dan menjadi bagian penting yang membawa produsen sepeda motor asal Italia ini kembali di jajaran terdepan pada balapan MotoGP. Memenangkan 13 seri balapan antara tahun 2016 sampai 2020 serta menempatkan Ducati di posisi runner up tim MotoGP dalam tiga musim terakhir.

    Pembicaraan perpanjangan kontrak diantara keduanya sudah berlangsung sejak awal tahun dan sempat terhenti akibat pandemi virus corona. Ducati menginginkan adanya perubahan nilai kontrak karena krisis keuangan yang dihadapinya karena Covid-19, sedangkan pebalap dengan nomor motor 04 ini tidak mau adanya pemotongan gaji.

    fokusjabar.id andrea dovizioso ducati motogp
    Gelaran MotoGP 2020 menjadi musim terakhir Andrea Dovizioso memperkuat tim Ducati. (FOTO: motogp.com)

    Pada Kamis (13/8/2020) di sirkuit Red Bull Ring, Austria, Bos Ducati Davide Tardozzi mengatakan, keputusan terkait masa depan Dovi akan diputuskan usai Stryrian Grand Prix pada pekan depan. Namun usai pertemuan antara manajer Dovizioso, Simone Battistella dan pihak Ducati pada Sabtu (15/8/2020) pagi waktu setempat, keputusan telah ditetapkan dan Andrea Dovizioso dipastikan tidak akan mempebarui kontraknya dengan Ducati untuk musim 2021.

    “Kami sudah melakukan komunikasi hari ini (Sabtu) dengan Ducati dan Andrea (Dovizioso) tidak akan memperpanjang kontrak untuk beberapa tahun kedepan. Sekarang, dia akan fokus pada kejuaraan, balapan musim ini, dan kami merasa kondisinya tidak tepat untuk melanjutkan kontrak,” ujar Battistella dilansir Sky Italia.

    BACA JUGA: Juara Baru MotoGP 2020 Terlahir di Sirkuit Brno

    Battistella menyebut, selama ini belum ada proposal kontrak diajukan Ducati untuk musim 2021. Bahkan pihaknya mengakui tidak pernah membicarakan terkait nominal hingga saat ini.

    “Belum ada proposal kontrak atau negosiasi untuk 2021. Andrea (Dovizioso) tentu saja akan terus balapan (dengan Ducati), jika ada program atau proposal yang cocok dengannya,” Battistella menegaskan.

    Terkait masa depan Andrea Dovizioso di balapan MotoGP kelas premier pada musim 2021, Battistella mengaku jika belum ada pembicaraan dengan tim lain di kelas premier MotoGP. Pasalnya, hingga saat ini belum ada pilihan tim yang akan menjadi tempat Dovi berlabuh.

    Sebelumnya tim Aprilia disebut-sebut menjadi tim yang paling berpeluang diperkuat Dovi seiring dengan belum selesainya kasus doping pebalapnya, Andrea Iannone, yang ditangguhkan hingga Oktiober 2020 mendatang. Aprilia sendiri pada musim 2020 ini diperkuat Bradley Smith dan Aleix Espargaro.

    “Saya sudah mencoba mencari ‘pelabuhan baru’, karena itu memang tugas saya. Tapi untuk saat ini, belum ada pilihan tim lain. Jadi belum ada negosiasi apapun dengan tim lain,” ujar dia.

    fokusjabar.id andrea dovizioso ducati motogp
    Meski sudah memastikan ‘cerai; dengan tim Ducati, namun Andrea Dovizioso belum menentukan tim yang akan dibelanya pada gelaran MotoGP 2021. (FOTO: motogp.com)

    Sementara Direktur Sport Ducati Paolo Ciabatti mengakui jika sudah ada pertemuan dengan manajer Dovizioso, Simone Battistella di sirkuit Red Bull Ring, Austria, Sabtu (15/8/2020) waktu setempat. Ciabatti pun mengkonfirmasi jika tidak ada kesepakatan terkait kelanjutan masa depan Andrea Dovizioso di tim Ducati untuk musim 2021.

    BACA JUGA: Jelang Musorkot PBSI Kota Bandung, 18 Klub Ambil Surat Dukungan

    “Ducati and Andrea (Dovizioso) sekarang akan konsentrasi menyelesaikan musim 2020, yang dimulai pada myWorld Motorrad Grand Prix von Österreich di sirkuit Red Bull Ring, Spielberg, Austria, Minggu (16/8/2020) besok. Dan target di musim 2020 ini menambah kemenangan dari 13 kemenangan yang sudh dicapai bersama serta berjuang untuk meraih gelar di akhir musim ini,” ujar Ciabatti.

    (Ageng)

    Berita Terbaru

    spot_img