spot_img
Jumat 26 April 2024
spot_img
More

    Ini! Cara Aman Berinteraksi di Sosial Media

    BANDUNG,FOKUSJabar.id: Penipuan sering terjadi di sosial media (sosmed), sehingga penting bagi untuk cermat dan bijak dalam berinteraksi online. Cara aman berinteraksi pun ternyata sangat penting.

    Public Policy untuk Facebook Indonesia, Karissa Sjawaldy, mengatakan salah satunya adalah mengenali informasi palsu. Sebab, para pengguna sendirilah yang memiliki kontrol untuk menghentikan penyebaran misinformasi.

    “Kita ingin banget semua pengguna kita menyadari pentingnya bersikap bijak dalam membagi berita atau informasi di sosial media,” ujar Karissa, Rabu (12/8/2020).

    Karissa pun membagikan beberapa cara aman berinteraksi menggunakan sosmed.

    BACA JUGA: Platform Digital Rekam Data ?, Tips Google dan RUU Perlindungan Data

    Jangan mengklik tautan mencurigakan

    Saat menerima tautan dari orang yang tidak dikenal, jangan langsung mengklik-nya. Lihat isi pesannya terlebih dahulu, sebab tautan tersebut bisa jadi adalah bentuk phising atau scamming.

    “Kalau menemukan tautan yang berbentuk phising, bisa langsung report (lapor), nanti akan ditindaklanjuti. Kita secara aktif ingin pengalaman aman dan nyaman,” ujar Karissa.

    Aktifkan autentikasi dua faktor

    Ini adalah fitur keamanan yang dapat melindungi akun selain menggunakan kata sandi. Saat menggunakan autentikasi dua faktor, pengguna akan diminta untuk memasukkan kode login khusus. Jika ada orang lain yang coba untuk mengakses, maka Anda akan langsung mendapat peringatan untuk cara aman berinteraksi.

    Laporkan informasi palsu

    Saat Anda menemukan berita atau informasi palsu, langsung laporkan hal tersebut ke Facebook. Anda bisa mengklik tiga titik yang ada di pojok kanan atas unggahan, lalu pilih “Laporkan Kiriman” dan pilih lagi “Ini adalah kabar berita salah”.

    Hentikan penyebaran

    Sebisa mungkin berita atau informasi palsu berhenti hanya di Anda dan jangan ikut menyebarkannya kepada orang lain. Dengan Anda menghentikan penyebaran maka Anda telah berpartisipasi untuk membuat sosial media aman dan nyaman.

    (Agung/ANT)

    Berita Terbaru

    spot_img