Sabtu 19 September 2020

Pekan Depan, KA Rangkasbitung-Merak Kembali Beroperasi

BANTEN,FOKUSJabar.id: Rangkaian kereta api lokal rute Rangkasbitung-Merak kembali dioperasikan PT Kereta Api Indonesia (Persero) Daop 1 Jakarta mulai Selasa (11/8/2020) depan seusai dilakukan evaluasi pada era adaptasi kebiasaan baru (AKB).

“Kami sudah memastikan keseluruhan persiapan baik dari sisi sarana dan prasarana untuk dioperasikan KA lokal Rangkasbitung-Merak,” kata Kepala Humas KAI Daop 1 Jakarta Eva Charunisa di Banten, Sabtu (8/8/2020).

Penerapan protokol kesehatan untuk pencegahan Covid-19 akan dilakukan secara ketat dalam pengoperasian rangkaian KA tersebut. Salah satunya dengan memberlakukan okupansi hanya 75 persen dari saat normal sebanyak 150 persen dan juga pembatasan jam operasional.

Untuk pemesanan tiket, dapat dilakukan H-7 sebelum keberangkatan melalui aplikasi KAI Access, serta melakukan pembelian tiket langsung tiga jam sebelum keberangkatan di loket stasiun.

Pemberangkatan rangkaian kereta api lokal ini normalnya beroperasi 12 perjalanan (PP) setiap hari. Namun pada masa era AKB, untuk sementara baru melayani delapan perjalanan (PP) setiap hari.

Menurut Eva, pelayanan dengan delapan jadwal perjalanan KA relasi Merak-Rangkasbitung (PP) antara lain KA 488 Lokal Merak (Rangkasbitung-Merak) keberangkatan 07.50 WIB, KA 489 Lokal Merak (Merak-Rangkasbitung) keberangkatan 10.20 WIB, dan KA 492 Lokal Merak (Rangkasbitung-Merak) keberangkatan 15.50 WIB.

Selanjutnya, KA 493 Lokal Merak (Merak-Rangkasbitung) keberangkatan 18.25 WIB, KA 487 Lokal Merak (Merak-Rangkasbitung) keberangkatan 07.40 WIB, KA 490 Lokal Merak (Rangkasbitung-Merak) keberangkatan 12.55 WIB, KA 491 Lokal Merak (Merak-Rangkasbitung) keberangkatan 15.50 WIB dan KA 494 Lokal Merak (Rangkasbitung-Merak) keberangkatan 18.25 WIB.

BACA JUGA: Konstruksi Tol Krian-Legundi Ditargetkan Selesai Akhir Tahun 2020

Dengan penambahan operasional KA lokal tersebut, kini terdapat dua KA lokal yang beroperasi di wilayah Daop I Jakarta. Satu lagi yakni KA Siliwangi relasi Sukabumi-Ciranjang.

“Kami berharap pengoperasian KA lokal ini berjalan lancar,” kata Eva.

Eva mengimbau semua calon penumpang KA lokal dalam kondisi sehat dan tidak menderita flu, pilek, batuk dan demam. Calon penumpang pun wajib menggunakan masker, suhu badan tidak lebih dari 37 derajat Celsius dan menggunakan pakaian lengan panjang.

“Kami minta calon penumpang dapat menaati protokol kesehatan guna mencegah Covid-19 dan setiap stasiun diminta menyediakan tempat mencuci tangan menggunakan sabun,” kata Eva.

 

(Ageng/ANT)

Berita Lainnya

Artikel Lainnya

RM BTS Gelontorkan 100 Juta Won untuk Museum Seni

BANDUNG,FOKUSJabar.id: Personel BTS, Kim Nam Joon (RM) memberikan sumbangan...

Polda Jabar Ajak Masyarakat Bersinergi Jaga Ketertiban dan Keamanan

BANJAR,FOKUSJabar.id: Polda Jabar mengajak masyarakat untuk bersinergi dalam menjaga ketertiban dan keamanan di berbagai wilayah di Jabar. "Potensi masyarakat mempunyai kemampuan untuk membantu kinerja Polri....

Mulai Hari Ini, PSBB Jakarta Diperketat Lagi

JAKARTA,FOKUSJabar.id: Kebijakan PSBB di Jakarta kembali dipekerketat hari ini, Senin (14/9/2020). Penerapan PSBB kembali ini diterapkan berdasarkan Peraturan Gubernur Nomor 88 Tahun 2020 yang diteken...

Mantan Kades Nagarajaya Ciamis Ditangkap Polisi

CIAMIS,FOKUSJabar.id: Sat Reskrim Polres Ciamis ungkap kasus korupsi dan menahan seorang pelaku berinisial AH (50), mantan Kades Nagarajaya, Kecamatan Panawangan Kabupaten Ciamis, Jabar. Menurut Wakapolres...

Jamaah Pengajian UAS di Kota Banjar disiram Air Keras

BANJAR, FOKUSJabar.id: Salah seorang jemaah pengajian Ustadz Abdul Somad (UAS) di Kota Banjar, Jabar disiram air keras oleh orang tidak dikenal, Selasa (15/9/2020). Kejadian bermula ketika...

Mantan Kades Nagarajaya Ciamis Ditangkap Polisi

CIAMIS,FOKUSJabar.id: Sat Reskrim Polres Ciamis ungkap kasus korupsi dan menahan seorang pelaku berinisial AH (50), mantan Kades Nagarajaya, Kecamatan Panawangan Kabupaten Ciamis, Jabar. Menurut Wakapolres...

23 Pegawai Kecamatan Astana Anyar Kota Bandung Positif Covid-19

BANDUNG,FOKUSJabar.id: Sebanyak 23 pegawai Kecamatan Astana Anyar kota Bandung Jawa Barat termasuk Camat Syukur Sabar terkonfirmasi Covid-19. Pegawai tersebut tersebar di lima kelurahan. Syukur mengaku,...