Minggu 27 September 2020

Soal Lahan Sengketa, Puluhan Warga Datangi Kantor Desa Sukamukti

BANJAR, FOKUSJabar.id: Puluhan warga Dusun Sukahurip datangi kantor Desa Sukamukti, Kecamatan Pataruman, Kota Banjar, Jawa Barat, Rabu (5/8/2020).

Puluhan warga itu ingin mengetahui alasan Pengadilan Negri Kota Banjar yang akan melakukan Pra-Eksekusi perkara tanah tahun 1975 yang di duga merupakan lahan sengketa.

Salah satu warga Dusun Sukahurip, Imam mengatakan, pihaknya mendatangi kantor Desa Sukamukti dengan tujuan melakukan pertemuan dengan pihak Pengadilan Negri.

“Kalo untuk mengetahui itu sengketa atau tidaknya saya tidak mengetahui yang pasti dikatakan pihak pengadilan bahwa dia bertujuan untuk mencocokkan administrasi kepemilikan lahan warga,” kata Imam.

BACA JUGA: KPK: Ada Transaksi Antara Perusahan dan Anak Pejabat Kota Banjar

“Nanti pengadilan akan melihat objek lahan dan bukti kepemilikan lahan warga dan warga pun diminta memperlihatkan bukti berupa SPPT, Sertifikat atau bukti kepemilikan tanahnya,” kata dia.

Sementara itu, Panitra Pengadilan Negeri Kota Banjar, Sehroni mengatakan, pihaknya sedang melakukan kegiatan pra eksekusi serta Konsitering (Pencocokan) data dan lokasi tanah.

“Konsitering ini bertujuan untuk mengetahui siapa pemilik tanah saat ini dan konsitering yang kami lakukan itu ada dua yaitu konsitering data yang dilakukan dikantor Desa atau kelurahan di Kota Banjar kemudian konsitering fisik jadi untuk mengecek lokasi tanah yang dimaksud,”kata dia.

Sehroni juga mengatakan, pihaknya tidak akan serta merta jika tanah tersebut memiliki sertifikat hak milik atau sertifikat hak guna bangunan.

“kami akan samakan dulu dengan pertanahan di BPN, jika ya gitu adanya ya berarti sertifikat tersebut sah, namun Jika mereka tidak memegang atau tidak bisa menunjukan bukti kepemilikannya maka pengadilan akan mengeksekusi karena pemiliknya itu milik pemohon eksekusi,” katanya.

Dari pantauan FOKUSJabar.id, Pengadilan Negri Kota Banjar masih melakukan konsitering data di Kantor Desa Sukamukti. Kemudian, akan melakukan konsitering Fisik ke tanah milik warga di Dusun Sukahurip.

(Budiana/Agung)

Artikel Lainnya

DPD KKK Jabar Siap Bantu Pemerintah Tanggulangi Covid 19

BANDUNG,FOKUSJabar.id: Dewan Pimpinan Daerah Kerukunan Keluarga Kawanua (KKK) Provinsi...

Selama 7 Hari, Pelatnas Taekwondo Latih Tanding di Jabar

BANDUNG,FOKUSJabar.id: Tim nasional Taekwondo Indonesia menjalani sentralisasi latihan di Kota Bandung selama tujuh hari sejak Senin (21/9/2020) lalu. Mereka berlatih bersama dengan atlet taekwondo...

HJKB ke 210 akan Digelar Tanpa Kerumunan

BANDUNG,FOKUSJabar.id: Pemerintah Kota (Pemkot) Bandung akan meniadakan kegiatan karnaval dan lomba di Hari Jadi Kota Bandung (HJKB) ke 210 pada Jumat (25/9/2020) mendatang.  "HJKB akan...

Kasus Covid-19 Meningkat, Kota Tasikmalaya Belum Terapkan PSBM

TASIKMALAYA,FOKUSJabar.id: Seiring peningkatan kasus Covid-19, tim gugus tugas percepatan penanganan Covid-19 Kota Tasikmalaya mengimbau masyarakat berhati-hati dan waspada dengan penyebaran virus mematikan ini. Meski...

KPU: Inilah Nomor Urut Pasangan Cabup-Cawabup Tasikmalaya

TASIKMALAYA,FOKUSJabar.id: KPU Kabupaten Tasikmalaya menggelar rapat pleno terbuka penetapan nomor urut pasangan calon bupati dan wakil bupati pada Pilkada serentak Desember 2020, di Hotel...

Ingin Punya Wajah Glowing Bak Artis Korea, Coba 5 Makanan Ini!

BANDUNG,FOKUSJabar.id: Ingin memiliki wajah cantik dan glowing layaknya artis-artis Korea Selatan. Namun sebelum melakukan perawatan, banyak orang yang mengatakan memberikan nutrisi kulit dari dalam...

Harga dan Spesifikasi Realme Narzo 20A, Narzo 20, dan Narzo 20 Pro

BANDUNG,FOKUSJabar.id: Realme mengumumkan ponsel terbaru seri Narzo yang terdiri dari tiga varian, yakni versi paling terjangkau Realme Narzo 20A, versi standar Narzo 20, hingga...