spot_img
Kamis 28 Maret 2024
spot_img
More

    DPR Minta Pemerintah Gratiskan Biaya Swab Test

    PATI,FOKUSJabar.id: Anggota DPR RI Marwan Jafar meminta pemerintah membebaskan biaya swab test bagi warga tidak mampu guna mendeteksi ada tidaknya virus corona. Dengan begitu, peta kasus virus tersebut semakin terbuka dan penangannya lebih cepat.

    “Ketika jumlah warga yang menjalani swab test semakin banyak, akan terlihat gambaran penyebaran kasus di masing-masing daerah, sehingga nantinya bisa ditindaklanjuti dengan penanganan yang efektif agar tidak meluas,” kata Marwan, Selasa (4/8/2020).

    Terlebih saat ini orang tanpa gejala yang ditakutkan menularkan virus tersebut ke orang lain. Perlu ada upaya menggelar swab test secara masif untuk memutus rantai penularan virus corona.

    BACA JUGA: Rapid Test di DPRD Kota Banjar, 1 Orang Reaktif

    Dengan anggaran yang tersedia saat ini, kata dia, akan cukup untuk menjalankan program swab test gratis bagi warga miskin, terlebih saat ini anggaran kesehatan penanganan corona Rp89 trilyun.

    Swab test lebih akurat ketimbang rapid test. Jika pemerintah pusat hingga daerah sama-sama menggratiskan biaya swab test corona, maka penuntasan virus ini akan lebih cepat karena rantai penularannya bisa segera teratasi.

    Untuk menghindari adanya penyalahgunaan program swab test gratis, kata dia, perlu dilakukan pengawasan ketat agar tidak ada komersialisasi secara berlebihan di rumah sakit, terutama yang dikelola swasta.

    Lebih lanjut dia mengingatkan masyarakat agar tetap disiplin mematuhi protokol kesehatan mulai dari memakai masker, rajin mencuci tangan pakai sabun, menjaga jarak fisik dengan orang lain serta mencegah kerumunan.

    (Olin/ANT)

    Berita Terbaru

    spot_img