spot_img
Rabu 24 April 2024
spot_img
More

    Karena Batuk, Pemain di EPL Bisa Dapat Kartu Merah

    INGGRIS,FOKUSJabar.id: Batuk menjadi hal terlarang di laga Liga Premier Inggris (English Premier League, EPL). Hal ini seiring dengan aturan baru yang dikeluarkan asosiasi sepak bola Inggris (FA).

    Dalam aturan baru tersebut, pemain yang sengaja batuk di hadapan wajah lawan atau wasit akan mendapatkan hukuman. Pemain bisa diganjar kartu kuning atau bahkan kartu merah.

    Aturan tersebut jadi bagian regulasi anyar yang dikeluarkan FA untuk pertandingan sepak bola di tengah pandemi virus corona (Covid-19). Aturan tersebut pun akan segera berlaku di semua kompetisi di Inggris.

    BACA JUGA: Piala Dunia U-20, Pemerintah Siapkan Inpres

    Wasit diperbolehkan memberi hukuman tersebut apabila ‘yakin seseorang secara sengaja dan dari jarak dekat batuk ke wajah lawannya ataupun seorang ofisial pertandingan’.

    Dokumen regulasi anyar FA tersebut menyatakan, pelanggaran itu tergolong dalam kategori penggunaan gestur dan/atau bahasa yang ofensif, menghina maupun bersifat pelecehan.

    “Jika insiden itu tidak terlalu parah untuk diganjar kartu merah, peringatan bisa dikeluarkan wasit sebagai bagian dari perilaku tak sportif ataupun penghinaan terhadap pertandingan,” dituliskan dokumen tersebut.

    Kendati demikian, regulasi tersebut menekankan wasit harus bisa membedakan batuk yang wajar sambil terus mengingatkan pemain tidak meludah di lapangan, meski hal itu tidak dianggap sebagai tindakan melanggar.

    (Ageng/ANT)

    Berita Terbaru

    spot_img