spot_img
Sabtu 20 April 2024
spot_img
More

    Belajar dari Youtube, Pemuda Ini Jual Layangan Lintas Kota

    PANGANDARAN,FOKUSJabar.id: Layang-layang plastik buatan Nur Holis Majid warga Cipicung, Kabupaten Pangandaran, Jawa Barat tembus ke pasar di luar Pangandaran.

    Dia mengaku hanya mengikuti tutorial dari Youtube dan berhasil membuat layang-layang yang disukai orang lain, dan akhirnya mampu menjual karyanya itu hingga ke luar kota.

    Meski memakan waktu satu hari untuk pembuatan layang-layang, kata dia, namun keuntungan yang didapat cukup untuk menghidupi keluarga sehari-hari. Pada prosesnya, Holis hanya membuat layang-layang saat ada yang memesan. Kendati begitu, layang-layang miliknya lumayan banyak dipesan.

    BACA JUGA: PLN : Layangan Ganggu Distribusi Listrik ke Rumah Warga

    “Tergantung pesanan, kalau polanya gampang satu hari juga kelar, kalau susah bisa dua hari. Sekarang saya lagi mengerjakan pesanan dari Bekasi. Untuk layang-layang ukuran kecil dirinya menjual Rp65 ribu dan ukuran besar Rp170 ribu,” kata Holis , Senin (3/8/2020).

    Meski sudah menjadi keahliannya, namun pada praktiknya dirinya mengajak empat temannya membantu membuat layang-layang pesanan dari berbagai daerah. Terlebih sudah ada rekannya yang diandalkan untuk membuat pola layang-layang.

    Holis bersyukur dari hasil karyanya sekarang dia dan temannya bisa memiliki uang sendiri untuk memenuhi kebutuhan sehari-hari. Karena kurang tenaga, akhir-akhir ini banyak pesanan yang ditolak sementara.

    “Pemasaran saya manfaatkan medsos saja,” kata dia.

    (Agus/LIN)

    Berita Terbaru

    spot_img