spot_img
Jumat 19 April 2024
spot_img
More

    10 Manfaat Kedondong untuk Kesehatan Anda

    BANDUNG,FOKUSJabar.id: Kedondong adalah tanaman buah yang tergolong ke dalam suku mangga-manggaan (Anacardiaceae). Tanaman ini dikenal pula dengan nama ambarellahog plumhevi (Filipina), mokah (Kamboja), gway (Myanmar), makak farang (Thailand).

    Kedondong dapat dimakan langsung dalam kondisi segar, atau sering pula diolah menjadi rujak, asinan, acar atau dijadikan selai. Buah ini memiliki biji tunggal yang berserabut. Daunnya bisa dijadikan penyedap dalam pembuatan pepes ikan.

    Kedondong merupakan sejenis buah yang unik. Cita rasanya sangat asam dan bertekstur keras serta kasar , sehingga tidak enak jika dimakan langsung. Kendati ada juga sebagian orang yang menyukainya.

    Baca Juga: 11 Manfaat Bunga Honje untuk Tubuh Kita

    Biasanya buah kedondong diolah terlebih dahulu untuk bisa dinikmati. Baik untuk salah satu buah yang digunakan untuk rujak, maupun diolah menjadi manisan atau jus.

    Ternyata, buah yang banyak ditemui di berbagai wilayah di Asia Tenggara dan di kepulauan Karibia, dan bijinya berduri ini mengandung kalsium yang berperan untuk menjaga kesehatan jantung dan mencegah penyakit jantung koroner

    Mengandung vitamin A yang baik untuk kesehatan mata

    Kandungan vitamin A dan C yang tinggi berperan sebagai antioksidan yang membantu menangkal radikal bebas dan meningkatkan daya tahan tubuh, serta mencegah penuaan dini.

    Kandungan vitamin A di dalamnya juga dapat membantu proses penyembuhan luka.

    Kandungan zat besi serta vitamin B1 dalam kedondong membantu pembentukan sel-sel darah merah untuk mengatasi anemia

    Vitamin C pada buah kedondong mengontrol kadar kolesterol dan membantu pemulihan setelah sakit

    Kandungan kalsium dan fosfornya membantu untuk menjaga kesehatan dan kekuatan tulang dan gigi.

    Berikut beberapa manfaatlainnya untuk kesehatan anda:

    Obat Batuk

    Siapkan 3 buah kemudian cuci hingga bersih. Setelah itu parut, berikan sedikit garam. Lakukan dua kali dalam sehari.

    Obat Sakit Perut dan Diare

    Gunakan ± 15 gram kulit batang yang masih segar lalu cuci sampai bersih.

    Setelah dicuci kemudian dipotong-potong kecil, Rebus dengan 2 gelas air selama 15 menit. Setelah air rebusan dingin segera saring, dan air hasil saringan bisa diminum 2 kali sehari.

    Mengobati Borok  dan Luka Terbakar

    Daun buah ini juga digunakan secara tradisional untuk mengobati obat borok, luka perih dan luka terbakar.

    Pemeliharaan Saluran Pencernaan dan Diet

    Kandungan serat pada 100 gram buahnya mencapai 0,83-3,60 mg sangat bermanfaat untuk melancarkan fungsi saluran cerna. Selain itu, karena mengandung lemak, protein dan karbohidrat dalam jumlah rendah. Selain itu, dapat membantu bagi mereka yang sedang menjalankan program diet untuk menurunkan berat badan.

    Hanya saja, jika ingin mengonsumsi untuk diet, pilihlah yang belum matang benar karena kandungan buahnya yang belum matang benar ini sangat tinggi serat dan air. Sementara buah yang matang kandungan sukrosanya tinggi sehingga menambah jumlah kalori di dalamnya.

    Mengatasi Anemia

    Bagi anda yang mengalami anemia atau kekurangan sel darah merah dianjurkan untuk mengkonsumsi dengan mengkonsumsi 100 gr anda sudah mengasup 30 mg zat besi, dapat membantu proses pembentukan sel darah merah.

    Mencegah penyakit Jantung

    Sebagaimana yang sudah disebutkan di atas, buah ini mengandung kalsium, seperti ayng ktia ketahui, kalsium sangat bermanfaat untuk mencegah penyakit jantung.

    Kesehatan Mata

    Adanya kandungan vitamin A pada buah ini sehingga berperan penting dalam indera penglihatan manusia. Vitamin ini membantu menyalurkan objek yang diterima oleh retina mata ke otak sebagai sebuah gambar. Senyawa yang berperan dalam hal ini adalah retinol.

    Menambah daya tahan tubuh

    Dengan adanya kandungan zat gizi yang terkandung berupa unsur gula dalam bentuk sukrosa tentunya sangat penting sebagai vitalitas dan daya tahan tubuh.

    Menjaga tulang dan gigi

    Ini dikarenakan adanya kandungan fosfor yang terdapat sehingga bermanfaat untuk menjaga tulang dan gigi. Semoga Bermanfaat !!!

    (Bambang Fouristian/Net)

    Berita Terbaru

    spot_img