spot_img
Rabu 1 Desember 2021
spot_img
spot_img

Beras Hitam, Beras Terlarang Kaya Manfaat bagi Kesehatan

BANJAR,FOKUSJabar.id: Beras hitam memang tak sepopuler beras putih atau merah, namun memiliki banyak kandungan nutrisi yang berguna bagi kesehatan. Beras jenis ini pun bisa menjadi alternatif bahan pangan dalam menjalani pola hidup sehat.

Dilansir dari sehatq.com, pada zaman dahulu, beras hitam disebut sebagai beras terlarang. Pasalnya, hanya dikonsumsi keluarga kerajaan di Tiongkok.

Para bangsawan Tiongkok menganggap beras hitam dapat memperpanjang umur sehingga dijadikan sebagai makanan pokok bagi raja dan keturunannya. Ini yang membuat beras ini ‘terlarang’ untuk dikonsumsi rakyat biasa.

Berbagai kandungan serat dan protein di beras hitam diyakini lebih unggul ketimbang beras jenis lainnya. Ini membuat beras hitam menjadi salah satu sumber serat dan protein nabati yang baik, juga memiliki kandungan kalori yang tidak terlalu tinggi.

fokusjabar.id beras hitam
Beras Hitam (FOTO: WEB)

Warna hitan dari beras ini berasal dari anthocyanin yang merupakan pigmen bergizi. Warna hitam pekat atau keunguan menjadi tanda adanya antioksidan.

BACA JUGA: 12 Manfaat Kacang Tanah bagi Kesehatan 

Beberapa kandungan nutrisi yang terkandung dalam beras hitam dan memberikan manfaat besar bagi kesehatan. Diantaranya:

Antioksidan antisianin
Beras hitam akan tampak berubah warna menjadi ungu tua saat dimasak karena kandungan antioksidan antosianin  yang tinggi. Kandungan antioksidan tersebut paling banyak terdapat pada kulit luarnya dan dipercaya lebih tinggi dari pada yang ada pada blueberry.
Satu sendok beras jenis ini memiliki kandungan antosianin lebih tinggi dibandingkan dengan satu sendok blueberi, bahkan dengan kandungan gula yang lebih sedikit.Senyawa antioksidan utama yang ada dalam beras hitam yaitu, flavonoid, antosianin, proanthocyanin, asam fitat, asam fenolik, tokotrienol, dan tokoferol. Menurut ahli, antioksidan antosianin bermanfaat membantu melawan penyakit jantung, kanker, dan gangguan kesehatan lain.

Vitamin E
Vitamin E yang dapat meningkatkan sistem imunitas sekaligus menangkal radikal bebas. Berdasarkan beberapa studi, diketahui kandungan vitamin E di beras hitam dapat membantu mengurangi kadar kolesterol jahat atau LDL dan mencegah sakit jantung.

Vitamin B
Berbagai jenis vitamin B yang terkandung antara lain vitamin B1 (tiamina), B2 (riboflavin), dan B9 yang juga dikenal sebagai asam folat.

Mineral
Mineral yang dibutuhkan tubuh seperti zat besi, zinc, kalsium, mangan dan fosfor banyak terdapat dalam beras hitam.

fokusjabar.id beras hitam
Dengan banyaknya kandungan nutrisi tinggi , membuat beras jenis ini memiliki banyak manfaat untuk kesehatan. Diantaranya:

Melindungi sel tubuh
Antosianin menjadi senyawa antioksidan paling dominan dalam beras ini yang dapat mengurangi stres oksidatif, serta melindungi sel-sel tubuh dari kerusakan akibat radikal bebas. Dengan mengonsumsi beras jenis ini, sel-sel tubuh Anda akan terlindungi.

Mencegah diabetes
Beras ini dapat mengurangi gula darah pada penderita hiperglikemia juga mendorong glukosa masuk ke dalam sel dan otot daripada ke dalam darah. Selain itu, beras hitam mampu meningkatkan sensitivitas insulin dan mengontrol kadar glukosa darah dengan baik sehingga terhindar dari diabetes.

Mengendalikan kolesterol
Beras hitam dipercaya mampu mengurangi kolesterol tinggi dan kadar trigliserida dalam darah. Tokotrienol antioksidan dapat menekan aksi enzim yang terlibat dalam pembuatan kolesterol.

Mengurangi berat badan
Beras ini kaya akan sumber serat makanan sehingga membantu menunda rasa lapar dan membuat Anda merasa kenyang. Hal ini bisa membuat kalori yang masuk ke dalam tubuh menjadi berkurang sehingga bermanfaat bila ingin menurunkan berat badan. Kandungan kalori yang rendah pada beras hitam pun cocok untuk dijadikan menu diet Anda.

Meningkatkan kesehatan pencernaan
Sebagai sumber serat makanan yang baik, beras hitam dapat membantu mengatur pergerakan usus sehingga feses bisa keluar lebih mudah. Hal ini dapat mencegah sembelit, kembung, dan membantu meringankan masalah pencernaan.

Menjaga kesehatan jantung
Mengonsumsi beras jenis ini secara teratur dapat membantu menjaga arteri tetap bersih yang membuat aliran darah lancar. Manfaatnya, bisa terhindar dari serangan jantung dan stroke. Antosianin dan senyawa bergizi lain yang terkandung dipercaya bisa menjaga kadar glukosa, kolesterol, dan trigliserida darah yang sehat sehingga mengurangi risiko penyakit kardiovaskular.

Sebagai detoks tubuh secara alami
Beras jenis ini pun dipercaya bisa mendetoks tubuh secara alami. Kandungan antioksidan yang tinggi dapat meningkatkan dan membantu hati membuang racun, sehingga terhindar dari penumpukan racun yang bisa memicu penyakit. Selain itu, fitonutrien yang terkandung dalam beras hitam dapat mengeluarkan zat berbahaya dari tubuh.

Melawan peradangan
Senyawa antosianin memiliki efek anti-inflamasi yang mampu melawan dan mengurangi peradangan. Tak hanya itu, beras hitam dianggap memiliki potensi luar biasa dalam mengobati penyakit yang berhubungan dengan peradangan kronis.

Menjaga kesehatan hati
Kelebihan asupan diet tinggi lemak dapat menyebabkan penumpukan lemak di hati. Ini dapat menimbulkan stres oksidatif dan peradangan yang berujung pada penyakit hati. Namun, antosianin dapat mengurangi penyimpanan lemak di hati, mengembalikan struktur dan fungsi hati normal, serta membantu regenerasi sel hati yang sehat.

Meningkatkan fungsi otak
Mengonsumsi beras hitam dapat meningkatkan antioksidan tubuh sehingga melindungi sel-sel otak dari kerusakan. Selain itu, dapat pula menjaga kinerja kognitif otak dan membatasi efek buruk penuaan otak. Antosianin pun bisa meningkatkan daya ingat dan pembelajaran.

Menghambat pertumbuhan kanker
Antosianin pun mampu menghambat pertumbuhan dan perluasan sel kanker sehingga mencegah penyebaran sel kanker ke organ tubuh lainnya. Selain itu, antosianin juga dapat menghambat pertumbuhan tumor dengan menghalangi pasokan darah ke tumor.

fokusjabar.id beras hitam
Nasi hitam. (FOTO: WEB)

Untuk mengolahnya, Anda dapat memasak layaknya nasi putih biasa meski waktu yang dibutuhkan lebih lama. Untuk itu, disarankan merendam beras hitam dalam air semalaman atau minimal satu jam sebelum dimasak untuk mengurangi waktu memasak.

Setelah dimasak, akan terjadi perubahan warna yaitu menjadi ungu tua disertai dengan tekstur yang lembut. Tidak disarankan memroses beras hitam menggunakan alat penanak nasi (rice cooker) untuk hasil terbaik. Anda dapat menyantap nasi hitam bersama dengan sayuran dan daging.

Tertarik mengonsumsi beras jenis ini? Saat ini, beras hitam sudah banyak beredar di pasaran. Anda bisa membelinya di pasar, supermarket, atau secara online.

(Budiana/Ageng)

Artikel Lainnya

spot_img
spot_img