spot_img
Sabtu 13 Juli 2024
spot_img
More

    12 Manfaat Kacang Tanah bagi Kesehatan

    BANDUNG,FOKUSJabar.id: Manfaat Kacang Tanah bagi Kesehatan, Kacang Tanah (Arachis hypogaea L.) adalah tanaman polong-polongan atau legum anggota suku Fabaceae yang dibudidayakan serta menjadi kacang-kacangan kedua terpenting setelah kedelai di Indonesia

    Tanaman yang berasal dari benua Amerika ini tumbuh secara perdu setinggi 30 hingga 50 cm dengan daun-daun kecil tersusun majemuk.

    Tanaman ini adalah satu diantara dua jenis tanaman budidaya selain kacang bogor, Voandziea subterranea yang buahnya mengalami pemasakan di bawah permukaan tanah. Jika buah yang masih muda terkena cahaya, proses pematangan biji terganggu.

    Kacang tanah tidak hanya memiliki rasa yang lezat. Akan tetapi, kaya akan protein dan lemak. Juga mengandung zat gizi lain seperti karbohidrat,  serat, vitamin A, vitamin C, vitamin E, vitamin B, sodium, potasium, kalsium, dan zat besi.

    Baca Juga: Manfaat Belimbing bagi Kesehatan dan Kecantikan

    Jenis lemak yang terkandung tentunya adalah lemak nabati. Kandungan lemak yang banyak adalah lemak tidak jenuh tunggal dan ganda serta mengandung Omega-6 dalam jumlah yang cukup banyak.

    Manfaat untuk Tubuh

    Kacang ini merupakan jenis kacang-kacangan yang memiliki manfaat terbanyak. Ada berbagai manfaat yang sangat baik untuh kesehatan tubuh.

    Manfaatnya tidak hanya untuk sistem organ dan organ saja melainkan juga untuk kulit.

    Bermanfaat bagi kesehatan. Berikut beberapa manfaatnya:

    • Baik bagi Ibu Hamil (Bumil)

    Asam folat pada kacang-kacangan perlu dikonsumsi bagi Bumil. Terlebih, diawal-awal kehamilan. Kandungan tersebut, memberikan pencegahan terhadap bayi lahir dalam kondisi cacat.

    • Mengurangi Depresi

    Kacang ini mengandung asam amino esensial dengan kandungan tryptophan yang dapat merangsang sorotonin mengendalikan mood tetap baik. Efek tryptophan menjadi anti depressant.

    • Batu Empedu

    Setiap satu ons kacang tanah atau dua sendok makan selai kacang setiap minggu dapat menurunkan resiko dari batu empedu atau penyakit kandung empedu hingga 25 persen.

    • Kanker Usus Besar

    Kacang bisa mengurangi resiko kanker usus terutama pada wanita. Sedikitnya makan 2 sendok selai kacang dua kali seminggu dapat mengurangi risiko kanker usus besar pada wanita hingga 58 persen dan pada pria 27 persen.

    • Menjaga Berat Badan

    Wanita yang makan kacang atau selai kacang setidaknya dua kali seminggu cenderung rentan terhadap obesitas. Memakan selai kacang setiap pagi dengan irisan roti akan memberikan kesempatan untuk lebih sedikit mengalami kenaikan berat badan.

    • Mencegah Penyakit Jantung

    Konsumsi secara teratur dan dalam jumlah yang dianjurkan sangat membantu menjaga kesehatan jantung karena terdapat asam oleat yang baik bagi jantung. Optimalkan dengan tidak menggoreng kacangnya, sajikan dengan direbus atau dikukus.

    Senyawa ini dipercaya mampu menurunkan risiko kardiovaskular yang menjadikan terjadinya penyakit jantung koroner.

    Untuk mendapatkan manfaatnya secara utuh, pastikan tidak menggorengnya. Alangkah baiknya menyajikan kacang tanah dengan direbus.

    • Menurunkan Kolesterol

    Kacang ini mengandung asam lemak tak jenuh cukup tinggi. Beberapa peneliti pun menyebutkan bahwa bisa membantu menurunkan kolesterol dalam tubuh. Hal ini dikarenakan asam lemak yang cukup tinggi ini bisa mencegah penyakit jantung koroner.

    • Mengurangi Gula Darah

    Bagi kamu yang memiliki masalah pada gula darah, kacang ini dapat dimanfaatkan sebagai asupan nutrisi untuk mengurangi kadar gula darah dalam tubuh.

    Peneliti percaya bahwa kacang ini bermanfaat menurunkan gula darah karena mengandung mangan yang bisa menyerap kelebihan kalisum maupun glukosa.

    • Meningkatkan Kesuburan

    Buat pasangan yang sedang merencanakan kehamilan, mengonsumsi kacang tanah dapat meningkatkan fertilitas.

    Disarankan pasangan untuk mengonsumsi kacang tanah setidaknya 100 gram per hari untuk meningkatkan kemungkinan kehamilan. Manfaat kacang tanah juga baik dikonsumsi semasa kehamilan, sebab kandungan asam folatnya dapat mendukung perkembangan otak dan saraf janin.

    • Meningkatkan Memori Otak

    Kacang tanah diyakini dapat meningkatkan memori. Ini disebabkan karena adanya kandungan niacin dan resveratrol yang dapat melancarkan sirkulasi peredaran darah ke otak, sehingga dapat menguatkan ingatan.

    Selain itu, manfaat kacang tanah juga dapat meningkatkan konsentrasi serta memberikan tidur yang lebih lelap bagi kamu yang kerap mengalami gangguan tidur.

    • Cegah Penuaan Dini

    Manfaat kacang tanah untuk kecantikan lainnya dapat mencegah penuaan dini. Penelitian menunjukkan terdapat molekul antiviral resveratrol yang tinggi pada kacang tanah. Senyawa ini juga ditemukan pada anggur merah yang fungsinya dapat melawan penuaan.

    Antiviral resveratrol dapat mengurangi produksi radikal bebas dan memimalisir kerusakan kulit yang berhubungan dengan sinar matahari. Selain itu, resveratrol juga dapat menghambat perkembangan dan pertumbuhan tumor serta kanker kulit.

    • Jaga Kesehatan Kulit

    Kacang tanah mengandung vitamin E, vitamin B6 dan nutrisi baik lainnya, sehingga kacang tanah memiliki manfaat mengagumkan untuk kesehatan dan kecantikan kulit. Dengan konsumsi kacang tanah secara teratur, hal ini bisa bantu kulit terbebas dari bahaya radikal bebas penyebab kerusakan kulit.

    (Bambang Fouristian/Net)

    Berita Terbaru

    spot_img