spot_img
Jumat 19 April 2024
spot_img
More

    Manfaat Belimbing bagi Kesehatan dan Kecantikan

    BANDUNG,FOKUSJabar.id: Belimbing (Averrhoa carambola) adalah buah yang populer di iklim tropis. Buah ini dikenal dengan rasa asam-manisnya yang khas dan menyegarkan. Bahkan sering digunakan sebagai pengobatan Ayurveda di India, Cina dan Brazil.

    Belimbing adalah tumbuhan penghasil buah berbentuk khas yang berasal dari Indonesia, India dan Sri Langka. Saat ini telah tersebar ke penjuru Asia Tenggara, Republik Dominika, Brasil, Peru, Ghana, Guyana, Tonga dan Polinesia.

    Ada beragam manfaat yang baik untuk kesehatan. Selain dapat membantu menurunkan berat badan, kandungan nutrisi pada buah ini juga dapat menurunkan risiko penyakit jantung dan stroke.

    Baca Juga: 11 Manfaat Bunga Honje untuk Tubuh Kita

    Buah belimbing kaya akan serat dan vitamin C. Dalam satu buah berukuran sedang (90 gram), setidaknya terkandung 3 gram serat, 1 gram protein, serta dapat memenuhi 52 persen  kebutuhan harian tubuh akan vitamin C.

    Selain kaya serat dan vitamin, buah ini dikenal rendah kalori. Dalam satu buah berukuran sedang, terdapat sekitar 30 kalori dan 5 gram karbohidrat.

    Buah ini mengandung mineral yang baik bagi kesehatan, di antaranya adalah zat besi, magnesium, mangan, potasium, β-karoten, serta sejumlah vitamin, mulai dari vitamin A, B9 (asam folat), B3 (niasin), dan vitamin C (asam L-askorbat).

    Usaha penanaman secara komersial dilakukan di Amerika Serikat, yaitu di Florida Selatan dan Hawaii. Di Indonesia, buah ini menjadi ikon Kota Depok,  sejak tahun 2007.

    Pohon ini memiliki daun majemuk yang panjangnya dapat mencapai 50 cm, bunga berwarna merah muda yang umumnya muncul di ujung dahan. Pohon ini bercabang banyak dan dapat tumbuh hingga mencapai 5 m.

    Tidak seperi tanaman tropis lainnya, pohonnya tidak memerlukan banyak sinar matahari. Penyebaran pohonnya sangat luas, karena benihnya disebarkan oleh lebah.

    Buahnya berwarna kuning kehijauan. Saat baru tumbuh, buahnya berwarna hijau. Jika dipotong, buah ini mempunyai penampang yang berbentuk bintang. Berbiji kecil dan berwarna coklat. Buah ini renyah saat dimakan, rasanya manis dan sedikit asam. Buah ini mengandung banyak vitamin C.

    Berikut manfaat bagi kesehatan dan kecantikan: 

    Menyehatkan Pencernaan

    Buah beserta kulitnya memberikan pasokan serat makanan. Serat membantu mencegah penyerapan kolesterol LDL pada makanan dalam usus. Serat  juga akan membantu melindungi selaput lendir usus dari paparan zat beracun dengan mengikat bahan kimia penyebab kanker di usus besar.

    Pencegahan Kanker

    Vitamin C yang terkandung merupakan  pencegahan terhadap serangan gejala kanker. Buah ini mengandung vitamin C dalam jumlah yang besar. Sekitar 100 g buah belimbing akan memberikan 34,7 mg atau sekitar 57 persen asupan vitamin C yang dibutuhkan setiap hari.

    Kaya Antioksidan

    Buah ini kaya akan antioksidan seperti flavonoid polifenol. Beberapa jenis flavonoid yang penting ini termasuk quercetin, epicatechin, dan asam galat. Total polifenol dalam buah ini mencapai 43 mg per 100 g. Senyawa ini membantu melindungi efek kerusakan akibat radikal bebas.

    Meningkatkan Kerja Enzim

    Belimbing merupakan sumber vitamin B kompleks seperti folat, riboflavin dan piridoksin (vitamin B-6). Secara bersama-sama, vitamin ini membantu sebagai co-faktor enzim dalam metabolisme serta mendukung berbagai fungsi sintetis enzim dalam tubuh.

    Mengatasi  Tekanan Darah Tinggi

    Belimbing mengandung sejumlah mineral dan elektrolit seperti kalium, fosfor, seng dan besi. Kalium merupakan komponen penting dari sel dan cairan tubuh, yang membantu mengendalikan denyut jantung dan tekanan darah.

    Dengan demikian, akan menekan pengaruh buruk dari sodium. Penyembuhan hipertensi banyak dilakukan dengan terapi belimbing, dengan mengkonsumsinya secara rutin.

    Mengatasi Gangguan Ginjal

    Jika seseorang mengalami keluhan gangguan ginjal, maka belimbing dapat dikonsumsi karena memiliki konsentrasi yang sangat tinggi terhadap asam oksalat. Para ilmuwan menganggapnya sebagai senyawa anti nutrisi, seperti mengganggu penyerapan dan metabolisme beberapa mineral alami seperti kalsium, magnesium dan sebagainya.

    Mengurangi Kadar kolesterol jahat

    Pada belimbing terdapat zat pektin yang mengurangi kolesterol dalam darah. Pektin mengikat kolesterol dan mengeluarkan asam empedu pada sekresinya. Tentu saja hal ini sangat baik bagi penderita gejala penyakit diabetes.

    Mengobati Rambut Rontok

    Belimbing memberikan nutrisi lain yang baik untuk rambut. Belimbing adalah obat alami yang sangat baik untuk rambut rontok karena merupakan sumber antioksidan yang baik dan vitamin C yang dapat membantu menunda proses penuaan.

    Vitamin B Kompleks, sangat penting untuk pertumbuhan rambut dan membantu dalam menjaga rambut kuat dan sehat, banyak tersedia dalam buah belimbing.

    Mengobati Jerawat

    Makan buah belimbing atau menggunakan belimbing langsung pada kulit berjerawat atau kulit berminyak sebagai masker wajah.

    Belimbing mengandung seng yang mengurangi kecenderungan jerawat. Ini sepenuhnya direkomendasikan untuk orang dari segala usia karena memiliki efek antimikroba.

    (Bambang Fouristian/Net)

    Berita Terbaru

    spot_img