spot_img
Sabtu 18 Mei 2024
spot_img
More

    Semifinal 1 Piala FA 2020, Adu Strategi Guru dan Murid

    INGGRIS, FOKUSJabar.id: Satu tempat di laga final Piala FA 2020 akan diperebutkan Arsenal dan Manchester City di stadion Wembley, Sabtu (18/7/2020) waktu setempat atau Minggu (19/7/2020) dinihari WIB. Laga semifinal pertama Piala FA 2020 ini layaknya pertarungan antara guru dan murid.

    Dikutip dari laman resmi FA, Pelatih Arsenal Mikel Arteta sebelumnya menjadi asisten dari pelatih Manchester City Pep Guardiola selama tiga tahun (2016-2019). Arteta sendiri mulai menangani Arsenal pada 20 Desember 2019 menggantikan Unai Emery.

    Dilihat dari statistik pertemuan kedua tim, tim London Utara selalu kalah dalam lima laga terakhir mereka menghadapi tim Manchester Biru. Terakhir, Arsenal ditekuk 0-3 oleh Manchester City saat keduanya bersua di Etihad Stadium, 17 Juni 2020 lalu.

    Namun jika melihat progres kedua tim di ajang Piala FA, Arsenal boleh menepuk dada. Arsenal merupakan pemegang gelar Piala FA terbanyak yakni 13 trofi dari 20 kali tampil di final ajang itu.

    Sementara rivalnya, Manchester City baru mengoleksi enam trofi dari 11 kali tampil di final. Hanya saja, The Citizens merupakan menyandang predikat juara bertahan usai mencukur Watford enam gol tanpa balas di babak final tahun lalu.

    BACA JUGA: MotoGP 2020 Dimulai, Quartararo Raih Pole Position

    Di babak semifinal, Arsenal mampu memenangkan sembilan laga dari 12 laga semifinal terakhirnya. Delapan tim yang pernah mengalahkan Arsenal di laga semifinal, tampil sebagai juara jika diurut sejak tahun 1907 dari total 30 laga.

    Sementara Manchester City memenangkan 10 laga dari 12 laga semifinal Piala FA terakhir mereka. Namun tim asuhan Pep Guardional ini sempat menelan dua kali kekalahan di laga semifinal Piala FA atas Arsenal pada tahun 1932 dan 2017.

    Laga semifinal kali ini, merupakan pertemuan kelima bagi kedua tim di kompetisi Piala FA. Te Citizens menang pada Februari 1904, sedangkan The Gunner menang di tiga laga lainnya yakni pada Maret 1932, Februari 1971 dan April 2017.

    Pada Piala FA tahun ini,. Manchester City dipastikan mengincar laga final ketiga mereka secara beruntun, mengulang sukses era tahun 1933-34 dan 1955-56. Fakta lain yang menguntungkan The Citizens, mereka belum terkalahkan di sembilan laga terakhirnya di Wembley Stadium.

    Hal berbalik terjadi di Arsenal. Tim asuhan Mikel Arteta ini selalu gagal melaju ke babak final di lima gelaran Piala FA terakhir sejak dikalahkan Wigan Athletic pada tahun 2014.

    Dengan deretan fakta tersebut, laga dipastikan akan berlangsung sengit. Guru versus murid atau pemegang titel terbanyak kontra juara bertahan.

    Berikut perkiraan susunan pemain;
    Arsenal (3-4-3)
    Starting X1: Martinez; Kolasinac, Luiz, Mustafi; Tierney, Xhaka, Ceballos, Bellerin; Aubameyang, Lacazette, Nelson.
    Pelatih: Mikel Arteta.

    Manchester City (4-3-3)
    Starting XI: Ederson; Mendy, Laporte, Otamendi, Walker; De Bruyne, Rodri, David Silva; Sterling, Gabriel Jesus, Mahrez
    Pelatih: Pep Guardiola

    (Ageng)

    Berita Terbaru

    spot_img