Sabtu 19 September 2020

Polda Jabar Musnahkan 4,5 Kg Sabu dan 25 Kg Ganja

BANDUNG, FOKUSJabar.id : Polda Jabar memusnahkan sebanyak 4,5 kg narkotika jenis sabu dan 25 kg  ganja hasil tangkapan selama enam bulan terakhir,  sejak Januari hingga Juni 2020.

Dirnarkoba Polda Jabar, Kombes Pol Rudy Ahmad Sudrajat, menjelaskan bahwa kegiatan pemusnahan ini berkaitan dengan hari anti narkotika internasional.

“Hasil ini berdasarkan pengungkapan selama enam bulan oleh jajaran Subdit Narkoba dan 10 Polres Jajaran di Jabar,” katanya, Selasa (7/7/2020).

Rudy mengatakan, barang bukti lain yang dimusnahkan yaitu ekstasi 20 butir, gorila 105,3 gram, prekursor 539,8 gram serta obat-obatan lainnya 1.175 butir.

“Selain narkoba dan obat obatan, kami juga mendapatkan miras 5.926 botol, 1 liter ember tuak, 27 dirigen tuak dan 394 liter ciu, yang pada hari ini ikut dimusnahkan,” katanya.

BACA JUGA : 96 Personel Brimob Polda Jabar Diterjunkan ke Papua

Menurut Rudy, selama masa pandemi virus corona peredaran narkoba tidak berhenti, kendati demikian pihaknya terus melakukan pengungkapan kejahatan tersebut.

“Tetap ada dan kami juga tetap mengungkap sejumlah kasus, selama masa pandemi corona ini,” kata dia.

Dari pengungkapan ini, empat orang diamankan karena merupakan napi asimilasi saat pandemi virus corona.

“Ada empat napi asimilasi kami amankan, karena mereka melakukan perbuatan mengedarkan kembali narkoba ditengah pandemi Covid-19. Keempatnya berasal dari Bandung, Cimahi, Majalengka dan Cirebon,” katanya.

Barang bukti sabu, ganja dan minuman keras dimusnahkan dengan cara berbeda.

“Untuk sabu sabu dimusnahkan dengan dilarutkan ke cairan asam sulfat, sedangkan ganja dibakar dan miras dilindas dengan kendaraan setum,” katanya.

Dalam pemusnahan tersebut disaksikan, perwakilan BNN, Pengadilan Negeri, Bea Cukai, BBPOM, serta Dinkes Kota Bandung beserta unsur masyarakat.

(Martin/As)

Berita Lainnya

Artikel Lainnya

Wow! Pemasaran Kopi Gucialit Jatim Tembus Luar Negeri

LUMAJANG,FOKUSJabar.id: Luar biasa, pemasaran Kopi Gucialit, Kabupaten Lumajang, Jawa...

Jamaah Pengajian UAS di Kota Banjar disiram Air Keras

BANJAR, FOKUSJabar.id: Salah seorang jemaah pengajian Ustadz Abdul Somad (UAS) di Kota Banjar, Jabar disiram air keras oleh orang tidak dikenal, Selasa (15/9/2020). Kejadian bermula ketika...

BMKG: Hari Ini Suhu Jakarta 24-34 Celcius

JAKARTA,FOKUSJabar.id: Badan Meteorologi, Klimatologi dan Geofisika (BMKG) memprediksi hujan dengan intensitas ringan mengguyur sebagian wilayah DKI Jakarta pada Minggu (13/9/2020) malam.  Menurut BMKG, hujan terjadi...

Tekan Penyebaran Covid-19, Pemkot Bandung Resmi Berlakukan Buka Tutup Jalan

BANDUNG,FOKUSJabar.id: Pemerintah Kota (Pemkot) Bandung Jabar resmi berlakukan buka tutup jalan di beberapa ruas jalan protokol. Hal itu dilakukan akibat meningkatnya penyebaran kasus Covid-19.  Penutupan...

Efek Samping Suplemen, Adakah?

BANDUNG,FOKUSJabar.id: Banyak orang memilih mengonsumsi suplemen vitamin untuk menjaga daya tahan tubuh di tengah pandemi. Namun, Adakah efek samping dari mengonsumsi suplemen? Ketua International Society...

Tren Covid-19 Meningkat, Gugus Tugas Cineam Gelar Razia

TASIKMALAYA,FOKUSJabar.id: Upaya pencegahan penularan Covid-19 yang tren-nya meningkat terus dilakukan. Seperti yang dilakukan Musyawarah Pimpinan Kecamatan (Muspika) Kecamatan Cineam, Kabupaten Tasikmalaya.  Di wilayah ini digelar...

Juara US Open 2020, Naomi Osaka Mundur dari French Open 2020

AMERIKASERIKAT,FOKUSJabar.id: Juara US Open 2020, Naomi Osaka menarik diri dari keikutsertaannya pada turnamen tennis Grand Slam, French Open 2020. Pengunduran diri petenis berusia 22...