spot_img
Sabtu 18 Mei 2024
spot_img
More

    Pengamat: Wakil Jadi Penentu Kemenangan di Pilkada

    TASIKMALAYA, FOKUSJabar.id: Menjelang Pilkada Kabupaten Tasikmalaya 9 Desember 2020, para bakal calon bupati terus melobi demi mendapat SK Parpol. 

    Adapun para kandidat yang sudah banyak terdengar akan maju di antaranya Petahana Ade Sugianto. Ketua DPC PDIP Kabupaten Tasikmalaya ini digadang-gadang bakal berpasangan dengan Ketua DPC PPP Cecep Nurul Yakin sebagai wakilnya . 

    Sebagai penantang petahana, ada mantan Kepala Bappeda Kabupaten Tasikmalaya Iwan Saputra dengan segudang pengalaman dan prestasi di pemerintahan. 

    BACA JUGA: Pilkada Tasikmalaya Memanas, Kader PKB Dukung Balonbup Lain

    Iwan akan berpasangan dengan mantan Komisioner KPU Kabupaten Tasikmalaya Iip Miftahul Faoz. Kemudian ada Pengusaha transportasi (Mayasari Grup) Azies Rismaya Mahpud yang akan berpasangan dengan Ketua DPD Golkar Kabupaten Tasikmalaya Erry Purwanto. 

    Kandidat Cabup lainnya, yakni Direktur Kopentren Al Idrisiyyah Pagedingan, Cisayong Ahmad Tazzaka Bonanza (AKA). Pemuda 30 tahun ini dikenal sebagai penerima penghargaan sebagai tokoh muda koperasi dari pemerintah pusat. Belum ada informasi siapa yang akan berpasangan dengan Ahmad di Pilkada nanti. 

    Pengamat dari Sekolah Tinggi Agama Islam (STAI) Tasikmalaya Taufiq Rohman mengatakan bahwa pasangan kandidat Cabup akan menentukan penilaian pemilih bahkan menjadi penentu kemangan dalam Pilkada. 

    “Jadi memang harus benar-benar bisa membantu menaikan elektabilitas Cabup nya. Rekam jejak kandidat sudah pasti menjadi penilaian calon pemilih,” kata Taufiq, Jumat (3/7/2020).

    Artinya, kandidat Cabup dan partai pengusung harus selektif menentukan pendamping untuk maju di Pilkada nanti. 

    (Nanang Yudi/LIN)

    Berita Terbaru

    spot_img