spot_img
Kamis 29 Februari 2024
spot_img
More

    5 Mitos Tentang Suara Tokek

    BANDUNG, FOKUSJabar.id: Pernah dengar mitos tentang suara tokek dengan embel-embel mistis? Dan ternyata, mitosnya tidak hanya satu.

    Selama ini, setiap orang dipastikan pernah mendengar suara tokek. Suaranya yang nyaring, dengan ciri khas bunyi ‘tokek’-nya, membedakan tokek dengan jenis reptil lainnya.

    Di Indonesia yang masih mempunyai latar belakang mistis cukup kental, mendengar suara tokek pun konon banyak memiliki arti. Mulai dari pembawa keberuntungan, pertanda makhluk halus, sampai kematian.

    Beberapa mitos suara tokek pun berkembang di Tanah Air. Setidaknya ada 5 mitos yang populer berkembang di masyarakat Indonesia.

    BACA JUGA: Ini Mitos dan Fakta Seputar Masalah Kesehatan

    Berikut 5 mitos tentang suara tokek yang berkembang di Indonesia seperti dilansir Kumparan.

    1. Gigitan Tokek Tidak Pernah Lepas

    Gigitan tokek memang tidak berbahaya, karena tokek tidak memiliki racun mematikan yang terkandung dalam air liur atau giginya.

    Tapi tahukah mitos kalau sekali tokek mengigit? Si tokek tidak akan melepaskan cengkraman giginya sampai ada petir menyambar? Mitos satu ini sampai sekarang belum terbukti kebenarannya.

    Tapi, inilah alasan kebanyakan orang menghindari gigitan tokek. Bukan karena sakit atau takut beracun, tapi karena khawatir tidak akan lepas.

    2. Menandakan Keberadaan Makhluk Halus

    Mitos suara tokek lainnya mengatakan, jika kamu mendengar cicak besar ini di tengah malam menjadi pertanda kamu sedang dikelilingi makhluk halus.

    Mitos suara tokek yang menandakan keberadaan makhluk gaib masih dipercayai sampai sekarang. Bahkan, tidak sedikit warga Indonesia yang menyarankan ketika kamu mendengar suara tokek di malam hari, segeralah membaca ayat kursi agar dijauhi dari gangguan iblis.

    Perhatikan jarak suaranya, apabila suara tokek terdengar dekat, tandanya makhluk halus berada lumayan jauh. Namun, jika suara tokeknya menjauh, itu tandanya hantu ada di dekatmu!

    3. Bisa Meramal Masa Depan

    Mitos suara tokek yang paling dikenal warga Indonesia adalah kebiasaannya untuk meramal masa depan. Tokek mengeluarkan bunyi lebih dari 3 kali.

    Suara ini yang digunakan orang zaman dahulu untuk menebak masa depan. Apabila kamu mendengar suara tokek di tengah malam, jangan takut.

    Coba tanyakan pertanyaan yang membuat kamu bimbang pada suara tokek yang kedua, lalu hitung ‘ya’ dan ‘tidak’ di setiap bunyinya.

    Jawaban masa depanmu konon bisa ditentukan dari kapan suara tokek berhenti, entah itu pada ‘ya’ atau ‘tidak’.  

    4. Ganjil Baik, Genap Buruk

    Mitos selanjutnya adalah jika suara tokek berbunyi ganjil 3,5,6,7 yang menandakan jika kita akan mengalami hal-hal baik. Sebaliknya, jika suara tokek berbunyi dalam jumlah genap 4,6,8, maka berhati-hatilah karena menurut mitos ini sebentar lagi kamu akan mengalami hal buruk.

    5. Pembawa Keberuntungan

    Selain menjadi hewan penolak bala, tokek dirumorkan bisa membawa keberuntungan. Faktor kelangkaan menjadi salah satu alasan pendukung mengapa hewan ini ditafsir sebagai simbol pembawa untung.Tidak hanya kehadirannya saja yang dianggap akan membawa keberuntungan, tapi juga suaranya.

    Konon, semakin keras suara tokek, semakin besar rezeki yang akan datang di masa depan. Kamu pernah dengar?

     

    (Nendy/ars)

    Berita Terbaru

    spot_img