spot_img
Jumat 3 Mei 2024
spot_img
More

    Rekor Baru, Labkes Jabar Uji 3.000 Sampel Swab Test Per Hari

    BANDUNG, FOKUSjabar.co.id: Tim di Balai Laboratorium Kesehatan Provinsi Jawa Barat (Jabar) atau Labkes Jabar mampu menguji swab test melebihi 3.000 sampel dalam satu hari. Sejak Sabtu (20/6/20).

    “Hari ini kami sedang merayakan bahwa mulai hari ini Labkes Jabar bisa memeriksa tes PCR lebih dari 3.000 sampel per hari,” ujar dr. Siska, Minggu (21/6/2020).

    Pencapaian ini sangat berarti bagi upaya Jabar dalam mempercepat penanggulangan Covid-19, terutama untuk melacak dan memetakan penyebaran virus.

    “Dengan kapasitas kita semakin meningkat, insyaallah tidak ada lagi bottleneck dalam PCR atau diagnosa, memberikan percepatan dalam mendapatkan hasil (tes), dan tentu saja penanganan pasien akan lebih cepat,” jelas dr. Siska.

    Ribuan sampel tersebut berasal dari enam daerah yakni Kabupaten Pangandaran, Kuningan, Garut, Tasikmalaya Kabupaten Sukabumi dan Kota Sukabumi, serta sampel lain seperti 88 siswa Papua.

    BACA JUGA: Brazil Lampaui 50.000 Kematian akibat Covid-19

    Saat ini, Pemda Provinsi Jabar sedang menggelar Pekan Swab Massal di 17 kabupaten/kota melanjutkan uji usap di 10 daerah di kawasan Bodebek dan Bandung Raya yang melaksanakan PSBB Proporsional.

    Targetnya pada pekan pertama 25.000 sampel dengan sasaran seluruh PDP, ODP, tenaga kesehatan, pedagang pasar, pemudik domestik dan dari luar negeri, serta kelompok rawan lainnya.

    (Agung)

    Berita Terbaru

    spot_img