spot_img
Jumat 3 Mei 2024
spot_img
More

    Jaga Ketahanan Pangan, Polres Banjar Bentuk Kampung Tangguh Lodaya

    BANJAR, FOKUSJabar.id: Polres Banjar Bentuk Kampung Tangguh Lodaya di Desa Raharja, Kecamatan Purwaharja, Kota Banjar, Jawa Barat. Kamis (18/6/2020). Kampung ini guna upaya untuk menjaga ketahanan pangan di wilaya kota Banjar.

    Kampung Tangguh Lodaya tersebut merupakan program yang diinisiasi oleh Polres Banjar yang mana membentuk masyarakat supaya bisa menghidupkan budaya gotong royong serta bisa mandiri dalam menghadapi Pandemi Covid-19 yang belakangan ini sangat berdampak besar pada ketahanan pangan masyarakat khususnya di Kota Banjar.

    Kapolres Banjar, AKBP Melda Yanny didampingi Wakapoles Banjar Kompol Ade Najmulloh mengatakan pihaknya melakukan peninjauan salah satunya di Desa Raharja, Kota Banjar.

    “Kampung Tangguh Lodaya ini adalah program yang diinisiasi oleh Polres Banjar, dengan adanya kampung Lodaya ini masyarakat bisa gotong royong dan mandiri dalam menghadapi Pandemi Covid-19, karena covid-19 itu persoalan bersama yang mana harus di hadapi oleh kita semua,” katanya dia.

    BACA JUGA: HUT Bhayangkara, Polres Banjar Bersihkan Tempat Ibadah

    Lebih lanjut Melda menyebutkan, bahwa Polres Banjar saat ini sedang melihat kesiapan Kampung Tangguh Lodaya yang akan di bentuk oleh pihaknya.

    “Kegiatan tersebut dilaksanakan untuk mengecek kesiapan Kampung Tangguh Lodaya, keberadaan serta kesiapan warga setempat, dan kondisi di lapangan serta kegiatan yang sudah dilaksanakan oleh Kampung Tangguh Lodaya tersebut,” kata dia.

    Kesiapan yang di cek oleh Polres Banjar di Kampung Tangguh Lodaya tersebut memastikan akan hal ketangguhan Jasmani Rohani, Tangguh Sosial Ekonomi, Tangguh Keamanan, Tangguh Informasi, serta Kreatifitas.

    “Setalah kami cek secara umum kampung ini sudah mempersiapkan beberapa hal dengan baik untuk menunjang kelancaran program Kampung Tangguh Lodaya tersebut” kata Melda.

    Selain itu, Melda menjelaskan masyarakat Kampung Tangguh Lodaya, Pemerintah Desa, Bhabibkamtibmas, Banbinsa bersama stakeholder sudah mendirikan persiapan posko kamling, posko ketahanan pangan, posko peternakan, posko perikanan, posko kesehatan ruang isolasi, tenaga medis, protap maupun SOP penanganan pasien Covid-19 hingga pemulasaran jenazah Covid-19.

    “Masyarakat Kampung Tangguh Lodaya secara umum sudah siap dan baik, keterlibatan masyarakat, Pemerintah Desa, Bhabinkamtibmas, Babinsa, Bina Desa, serta instansi terkait sinergi dalam membangun Kampung Tangguh Lodaya ini” ucapnya.

    Pada kesempatan tersebut sebagai bentuk kepedulian dan memperingati hari Bhayangkara ke-74, Kapolres Banjar memberikan bantuan sembako berupa beras 5 Kg Per karung dengan jumlah sebanyak 100 Kg kepada warga masyarakat sekitar lokasi Kampung Tanggung Lodaya di Desa Raharja, Kota Banjar.

    (Budiana/As)

    Berita Terbaru

    spot_img