spot_img
Minggu 5 Mei 2024
spot_img
More

    Tentara Korut “siaga penuh” Hadapi Propaganda Pembelot Korsel

    SEOUL, FOKUSJabar.id: Tentara Korea Utara (Korut) siap bertindak apabila sekelompok warganya yang membelot ke Korea Selatan menyebar brosur berisi propaganda.

    Tentara Rakyat Korea (KPA) mengatakan pihaknya masih mempelajari “rencana aksi” para pembelot.

    Militer Korut juga berencana mengubah wajah “perbatasan jadi benteng pertahanan”.

    “Tentara kami akan segera menjalankan seluruh keputusan dan perintah partai serta pemerintah,” kata KPA.

    Tensi di Korut memanas saat Pyongyang mengancam akan memutuskan hubungan antarnegara Korea dan membalas aksi penyebaran brosur propaganda.

    Brosur tersebut berisi informasi yang mengkritik pimpinan tertinggi Korut, Kim Jong Un. Salah satu poin kritik terkait dugaan pelanggaran hak asasi manusia yang terjadi di Korut.

    Kementerian Pertahanan Korsel meminta Korut mematuhi pakta yang diteken bersama pada 2018. Dua pihak sepakat untuk menghentikan “seluruh kegiatan yang berbahaya” dan melucuti senjata dan struktur pertahanan di sekeliling Zona Demiliterisasi yang memisahkan Korsel dan Korut.

    BACA JUGA: Membuka Sekolah, Ribuan Siswa di Afrika Positif Covid-19

    “Kami menanggapi situasi ini dengan serius,” kata juru bicara Kementerian Pertahanan Korsel, Choi Hyun-soo saat jumpa pers. “Militer kami telah disiagakan untuk merespon berbagai macam situasi,” ujar dia.

    Sejumlah kelompok pembelot kerap mengirim brosur berisi informasi, makanan, pecahan uang satu dolar AS, radio mini, dan kandar lepas (USB) berisi drama dan berita dari Korsel.

    (Agung/ANT)

    Berita Terbaru

    spot_img