spot_img
Jumat 3 Mei 2024
spot_img
More

    Petugas Medis PKM Tamansari Wajib Mandi

    TASIKMALAYA, FOKUSJabar.id: Petugas medis Pusat Kesehatan Masyarakat (PKM) Tamansari Kota Tasikmalaya, Jawa Barat diwajibkan mandi terlebih dahulu di tempat pelayanan, sebelum melayani masyarakat, selain petugas wajib menggunakan alat pelindung diri (APD) beserta kelengkapannya.

    Kepala PKM Tamansari dr. M. Ali Syaban mengatakan, langkah ini sebagai bentuk agar para pegawai lebih hati-hati dan safety lagi dalam menghindarkan diri dari terpaparnya covid-19 terutama dilingkungan tempat kerja.

    “Saya perintahkan, seluruh pegawai di PKM Tamansari yang melayani langsung masyarakat (pasien) wajib memakai APD lengkap, dan setelah itu, saat mau pulang, kerja, mereka wajib mandi terlebih dulu di Puskemas baru diperboehkan pulang ke rumah, agar tidak membawa virus dan penyakit ke rumah yang dapat membahayakan anggota keluarga di rumah,” kata Ali Selasa (16/06/20).

    Dikatakan Ali, sebelum pegawai PKM melaksanakan pelayanan kepada masyarakat, setiap pagi dilaksanakan briefing dan dirangkaikan tadarus Al-quran, hal ini dilakukan meningkatkan kekuatan lahir bathin pegawai dalam melaksanakan tugasnya masing-masing dan meminta doa agar mendapatkan keselamatan serta terhindar dari serangan virus corona.

    BACA JUGA: Ini Penyebab, Mangkraknya Pembangunan Rumah Deret Tamansari

    Ali menjelaskan, pola pelayanan di PKM Tamansari sendiri dibedakan dua cara yakni di layani di luar ruangan dan di dalam ruangan. “Pasien dengan keluhan demam, batuk pilek, gangguan pernapasan, sakit tenggorokan, letih dan lesu, dilayanai diluar, sementara pasien keluhan lainnya dilayani di dalam ruangan PKM,” tuturnya.

    Lebih lanjut kata Ali, dalam setiap melaksanakan pelayanan kepada masyarakat, petugas PKM Tamansari baik dokter dan tenaga Medis lainnya wajib menerapkan protokol kesehatan sebagai antisipasi penyebaran Covid-19, kemudian dalam penerapan Adaptasi Kebiasaan Baru (AKB) atau New Normal yang sedang diberlakukan, pemerintah mewajibkan seluruh masyarakat melaksanakan anjuran Pemerintah dengan melaksanakan protokol kesehatan.

    “Tak terkecuali tenaga medis seperti memakai masker, jaga jarak, jaga jarak fisik, rajin cuci tangan dengan sabun, hindari kerumunan dan selalu berpola hidup bersih dan sehat,” ujarnya.

    Menurut Ali, dengan pola hidup bersih dan sehat dalam setiap gerak langkah, ini mampu menghindarkan diri dari berbagai penyakit termasuk terhindar dari virus corona yang mematikan tersebut.

    “Mulai sekarang biasakan hidup bersih dan seba supaya kita tidak muda diserang penyakit dan virus,” kata dia.

    (Seda/As)

    Berita Terbaru

    spot_img