spot_img
Sabtu 18 Mei 2024
spot_img
More

    Hari Pertama Beroperasi, Terminal Leuwipanjang Berangkatkan 20 Penumpang

    BANDUNG, FOKUSJabar.id: Memasuki masa transisi Adaptasi Kebiasaan Baru (AKB), Dinas Perhubungan (Dishub) Kota Bandung kembali membuka terminal Leuwipanjang dan Terminal Cicaheum pada Sabtu (13/6/2020).

    Di hari pertama ini terminal Leuwipanjang sudah mulai melayani Bus Antar Kota Dalam Provinsi (AKDP) dengan menerapkan protokol kesehatan secara ketat. 

    “Kebijakannya untuk daerah yang zona merah, tidak terkoneksi dengan mereka jadi tidak ada bus yang ke sana,” kata Wali Kota Bandung Oded M Danial saat meninjau terminal Leuwipanjang, Kota Bandung, Jawa Barat Sabtu (13/6/2020).

    BACA JUGA : PSBB Usai, 2 Terminal Bis di Kota Bandung Kembali Beroperasi

    Sementara itu, Kadishub Kota Bandung Ricky M Gustiadi mengatakan, sejak subuh pagi tadi terminal Leuwipanjang sudah memberangkatkan 20 penumpang tujuan ke Sukabumi, Bekasi dan Merak.

    “Kemudian yang di Cicaheum arah Jawa Tengah dan Jawa Timur yang tidak zona merah, kemudian ke arah Jawa Barat selatan,” kata Ricky. 

    Untuk di terminal Leuwipanjang dan Cicaheum kapasitas jalur yang ada itu di isi hanya lima kendaraan di setiap trayek.

    “Meski Kemenhub mengizinkan kapasitas penumpang maksimal 70 persen. Namun saat ini Dishub Kota Bandung baru membolehkan hingga 50 persen, kebijakan tersebut mengacu pada Perwal No 32 Tahun 2020,” kata dia. 

    Lebih lanjut Ricky mengatakan, di masa transisi new normal, sebelum keberangkatan seluruh bus akan dilakukan penyemprotan disinfektan, dan seluruh penumpang wajib memakai masker.

    “Kemudian jaga jarak aman di setiap tempat duduknya harus dilakukan, sebelum keberangkatan bus harus di semprot disinfektan baik di dalam mau pun di luar kendaraanya, kemudian harus disediakan hand sanitizer di dalam kendaraan,” kata dia. 

    Adapun daftar bus yang berangkat dari terminal Leuwipanjang hari ini, Sabtu (13/6/2020) yakni MGI trayek ke Bogor jumlah 5 bus, Gagakrimang Bogor jumlah 5 bus, Bela utama Bogor 4 bus, MGI ke Sukabumi 6 bus, Hiba ke Sukabumi 8 bus, Primajasa ke bekasi 5 bus, Primajasa ke Cikarang 5 bus, Primajasa ke Jabaabeka 5 bus, Primajasa ke BHI 5 bis, Arimbi ke merak 15 bis, Hiba group 10 bis, Armada ke merak 2 bis, MGI ke Kampung Rambutan 4 bus, Primajasa ke Lebak bulus dan Kalideres.

    (Yusuf Mugni/LIN)

    Berita Terbaru

    spot_img