spot_img
Selasa 7 Mei 2024
spot_img
More

    Forum Peduli Lingkungan Ciamis Apresiasi Inovasi Bank Sampah

    CIAMIS,FOKUSJabar.id: Forum Peduli Lingkungan Kabupaten Ciamis mengapresiasi Dinas Perumahan dan Lingkungan Hidup (DPRKPLH) Kabupaten Ciamis dengan inovasi pengelolaan sampah melalui Bank sampah dan Magot.

    Hal tersebut tentu harus diiringi kesadaran masyarakat memelihara lingkungan dengan disiplin mengelola limbah rumah tangga.

    Ketua Forum Peduli Lingkungan, Dian Ghozin menyampaikan, yang paling penting dalam pengolahan sampah adalah meningkatkan kesadaran masyarakat. Untuk itu pihaknya mengapresiasi inovasi DPRKPLH Ciamis tersebut.

    BACA JUGA : Perbatasan di Ciamis Tetap Diperketat saat New Normal

    “Selain memiliki sisi ekonomi komersil dalam sistem Bank sampah, aspek terpenting adalah dampak kesehatan yang diciptakan,” ungkap Dian Ghozin, Senin (8/6/2020)

    Ghozin menjelaskan, memasuki era New Normal, selain aspek prosedur perlindungan diri, disiplin memelihara lingkungan pun harus ditingkatkan.

    “Prinsip melindungi diri, salah satunya dengan disiplin membuang sampah pada tempatnya dan tidak mencemari lingkungan,” tegas Ghozin.

    Sampai sejauh ini, Forum Peduli Lingkungan Ciamis bergerak dalam cakupan pemeliharan lingkungan. Melalui bakti sosial membersihkan sungai dan memberikan edukasi kepada masyarakat.

    Seksi Penanganan Persampahan DPRKPLH Ciamis, Sarwono mengimbau masyarakat agar membuang sampah tepat pada tempatnya.

    “Yang menjadi sulit dalam penanganan sampah ketika warga membuang sampah tidak tepat pada tempatnya. Jadi dilempar sembarangan di dekat tempat sampah, permasalahanya sering diacak-acak hewan atau tertiup angin. Itu cukup menambah pekerjaan petugas sampah,” jelas Sarwono.

    (Riza M Irfansyah/ars)

     

    Berita Terbaru

    spot_img