spot_img
Senin 29 November 2021
spot_img
spot_img

Pemerintah Luncurkan Aplikasi PeduliLindungi

BANDUNG, FOKUSJabar.id: Staf Khusus Kementerian BUMN, Arya Sinulingga meluncurkan aplikasi PeduliLindungi agar masyarakat mengetahui daerah zona merah Covid-19, Selasa (19/5/2020).

“Kalau ini yang dibuat oleh BUMN sendiri yang membuat aplikasi tersebut untuk dipakai, karena dari data-data yang kita miliki nanti kita akan tahu bahwa daerah ini merupakan zona merah atau tidak dan sebagainya sehingga orang bisa tahu bahwa dia sedang berada di mana,” ujar Arya.

Dengan fitur bluetooth di aplikasi ini, masyarakat dapat mengetahui apakah ada pasien dalam pengawasan (PDP) dan sebagainya di daerah tersebut.

“Malah ke depan saya melihat aplikasi memiliki pengaruh besar ke depan, kalau vaksin belum ditemukan maka masyarakat membutuhkan radar baru di mana area yang akan dikunjungi merupakan zona merah atau bukan,” kata Arya.

BACA JUGA: PSBB Jabar Usai, Kota Bandung Lanjut Jilid Tiga Mulai Besok (20/5)

Cara kerjanya, saat PeduliLindungi dipasang di ponsel orang yang positif Covid-19, aplikasi ini memiliki fitur tracking, pelacakan, dapat melihat “log” pergerakan selama 14 hari ke belakang.

Berdasarkan hasil tracking dan tracing (penelusuran), aplikasi akan memberikan peringatan kepada nomor-nomor ponsel yang berada di sekitar pasien positif Covid-19 untuk segera melakukan protokol Orang Dalam Pemantauan (ODP).

(Agung)

Artikel Lainnya

spot_img
spot_img