spot_img
Sabtu 18 Mei 2024
spot_img
More

    Tagar ‘Indonesia Terserah’ Disorot Media Asing

    BANDUNG, FOKUSJabar.id: Media asing menyoroti tagar ‘Indonesia Terserah’ yang ramai dicuitkan pengguna twitter dan diunggah di instagram dalam beberapa hari terakhir. Salah satunya media asing Reuters pada Senin (18/5/2020).

    Dikutip kompas.com, kantor berita yang berbasis di London, Inggris, menyebut tagar tersebut sebagai respons kebijakan pemerintah Indonesia terhadap pandemi corona dan perilaku banyak orang Indonesia.

    Tagar ‘Indonesia Terserah’ viral usai mengikuti komentar online dokter dan influencer media sosial, Tirta Mandira Hudhi atau yang akrab disapa Dokter Tirta. Dokter Tirta marah dengan pelonggaran larangan penerbangan yang menyebabkan penumpang membanjiri bandara Jakarta akhir pekan lalu.

    BACA JUGA: Bansos bagi 8,3 Juta Keluarga Sasaran Disalurkan Jelang Lebaran 

    Masyarakat pun dinilai mengabaikan pedoman tentang jarak sosial.

    Di akun Instagram-nya, dokter Tirta mengunggah foto seseorang dengan peralatan perlindungan pribadi penuh dengan memegang tulisan ‘Indonesia? Terserah! Suka-suka kalian saja’.

    Indonesia Terserah
    Tangkapan layar postingan dokter Tirta di instagram. (FOTO/Istimewa)

    Hingga Senin (18/5/2020), unggahan tersebut telah menarik lebih dari 400.000 like. Bahkan tagar ‘Indonesia Terserah’ menjadi salah satu tren teratas di Instagram dan Twitter.

    Reuters menyebut, Indonesia memiliki jumlah kematian Covid-19 tertinggi di Asia Timur di luar China. Indonesia pun dinilai lebih lambat dari negara tetangga untuk memberlakukan pembatasan untuk mengekang virus dan bahkan sudah membahas kemungkinan pelonggaran.

    Reuters mengkonfirmasi kepada Juru Bicara Pemerintah untuk Penanganan Covid-19 Achmad Yurianto dan dijawab jika tidak ada pelonggaran kebijakan jarak sosial meskipun ada revisi pembatasan perjalanan.

    Mereka juga mengutip beberapa komentar terkait tagar ‘Indonesia Terserah’ yang berada di sejumla media sosial.

    “Mengapa kita orang Indonesia begitu ceroboh dan gegabah. Paling tidak pakai masker dan pertahankan jarak sosial. Hormati para sukarelawan yang bekerja keras untuk menyelamatkan hidup Anda,” komentar seorang pengguna Twitter, @bitts1969.

    Indonesia Terserah
    Tagar Indonesia Terserah menjadi trending topik di jagat twitter. (FOTO/Istimewa)

    Selain itu, Reuters pun mengutip komentar online lainnya. Salah satunya dari Dokter Anggi.

    “Petugas kesehatan berjuang untuk memutus rantai Covid-19, sementara di lain pihak orang hanya melanggar aturan … Ini seperti cinta tak berbalas #IndonesiaTerserah”.

    Reuters mencatat, virus corona telah menewaskan 1.191 orang di negara dengan hampir 270 juta penduduk ini. Sejak Maret, 52 dokter, perawat, dan dokter gigi di Indonesia pun telah meninggal karena Covid-19.

    Indonesia pun terus mencatat ratusan kasus virus corona baru setiap hari. Total, saat ini jumlah kasus Covid-19 di Indonesia sudah melampaui 18 ribu kasus.

    (ars)

    Berita Terbaru

    spot_img