spot_img
Senin 22 April 2024
spot_img
More

    Ilmuwan Temukan Planet Layak Huni Dalam 5 Jam

    BANDUNG, FOKUSJabar.id: Selain bumi, para ilmuwan disebut-sebut berhasil menemukan planet lain yang layak huni bgai manusia. Bahkan planet tersebut berhasil ditemukan ilmuwan hanya dalam waktu 5 jam.

    Planet layak huni bagi manusia selain Bumi yang ditemukan ilmuwan ini bukanlah Mars. Planet yang baru saja ditemukan tersebut memiliki lokasi yang dekat dengan pusat galaksi.

    Planet tersebut pun diklaim menjadi satu-satunya yang memiliki ukuran serupa serta orbit yang sebanding dengan Bumi.

    “Ini adalah penemuan langka karena waktu yang dibutuhkan untuk pengamatan bintang induk itu sekitar lima hari. Tapi planet ini terdeteksi hanya dalam waktu lima jam saja,” ujar salah seorang ilmuwan, Antonio Herrera Martin seperti dikutip vivanews dari situs Express, Senin (18/5/2020).

    BACA JUGA: Ini Panduan Salat Eid Saat Pandemi Covid-19 

    Martin beserta ilmuwan lainnya mengonfirmasi jika yang mereka lihat bukan disebabkan sistem lain ataupun kesalahan instrumen. Bintang induk planet tersebut diperkirakan hanya 10 persen dari massa Matahari. Sedangkan untuk planetnya, memiliki massa antara Bumi dan Neptunus. Benda langit itu pun diyakini memiliki orbit antara Venus dan Bumi yang mengorbit bintang induknya.

    Karena massa bintang induknya lebih kecil dari Matahari, satu tahun di planet tersebut mencapai 617 hari. Sementara di Bumi hanya 365 hari.

    “Teknik menemukannya menggunakan gravitasi lensa kecil (gravitational microlensing). Efek ini jarang terjadi. Hanya satu dari sejuta bintang di galaksi yang terpengaruh,” terangnya.

    Pengamatan planet layak huni untuk manusia selain Bumi ini dilakukan pada 2018 oleh Optical Gravitatianol Lensing Experiment menggunakan teleskop di Chile dan Korea Microlensing Telescope Network (KMTNet). KMTNet dilengkapi dengan kamera besar yang biasa digunakan untuk mengukur output cahaya dari 100 juta bintang setiap 15 menit.

    (ars)

    Berita Terbaru

    spot_img