spot_img
Minggu 19 Mei 2024
spot_img
More

    Air Keramat Cikamalayan Bisa Sembuhkan Penyakit

    CIAMIS, FOKUSJabar.id: Air Sumur Keramat  Cikamalayan yang berada di komplek Makam Pasarean handap Eyang Raden Undakan Kalangansari Desa Nagarapageuh Kecamatan Panawangan Kabupaten Ciamis Jawa Barat, konon mempunyai karomah bisa menyembuhkan berbagai penyakit maupun keperluan lainya. 

    Menurut Ketua Paguyuban Adat Desa Nagarapageuh, Eman Sulaeman, sampai saat ini para peziarah yang datang ke makam Eyang Raden Undakan Kalangansari mengambil air itu untuk dibawa pulang.

    “Air Keramat Cikamalayan itu walaupun diambil oleh puluhan orang, anehnya tidak pernah kering padahal luas kolamnya kecil,” katanya.

     Eman menuturkan, keanehan lain dengan mata air keramat Cikamalayan, juga terjadi saat ada seorang peziarah mau mengambil air, namun tiba-tiba air kering padahal sumur mata airnya tidak terganggu apa-apa. 

    BACA JUGAEfek Covid-19 Ziarah Makam Sepi, Penunggu Makam Sedih

    “Air itu dari mata airnya dialirkan melalui pipa, nah saat peziarah mau mengambil air dan memutar kran air kering padahal kolam mata air Cikamalayan tetap penuh,” ucapnya. 

    Eman mengatakan, kejaiban air keramat Cikamalayan memang bukan hanya cerita tetapi memang pernah dibuktikan atas izin Alloh SWT ada seorang peziarah yang penyakitnya sembuh setelah beberapa kali mandi di sumur tersebut.

    “Kondisi lingkungan makam pasarean Eyang Raden Undakan Kalangansari dimana terdapat mata air Cikamalayan saat ini sudah refresentatif karena telah dibangun oleh peziarah yang berhasil sembuh itu,” terangnya 

    Eman menerangkan, konon komplek makam Eyang Raden Undakan Kalangansari yang saat ini berupa sebuah bukit yang ditumbuhi pepohonan berumur diperkirakan ratusan tahun menurut terawangan ghaib adalah merupakan keraton sebuah kerajaan yang megah dengan dijaga pada prajurit bersenjata lengkap.

    ” Tempat itu merupakan sebuah keraton yang sangat megah,” ungkapnya.

    (Husen Maharaja)

    Berita Terbaru

    spot_img