spot_img
Jumat 29 Maret 2024
spot_img
More

    Kota Tasikmalaya Diambang Zona Merah Covid-19

    TASIKMALAYA, FOKUSJabar.id: Kondisi Kota Tasikmalaya dalam situasi gawat dan diambang zona merah setelah dampak dari virus Corona  (Covid-19) terus merebak dengan bertambahnya pasien terkonfirmasi positif. Berdasarkan data Tim Gugus Tugas Percepatan Penanganan Covid-19 Kota Tasikmalaya, tercatat sudah 12 pasien yang dinyatakan positif.

    Sementara untuk jumlah pasien dalam perawatan (PDP) mencapai 20 orang. Dan orang dalam pemantauan (ODP) menyentuh hampir seribu orang dengan orang tanpa gejala (OTG) sebanyak 209 kasus.

    Baca Juga : Hukuman bagi 5 Terdakwa Pabrik Narkoba di Tasikmalaya Dibacakan Online

    Wali Kota Tasikmalaya Budi Budiman mengatakan, situasi saat ini harus menjadi perhatian serius. Wabah virus corona jangan dianggap hal sepele atau biasa saja.

    “Saya minta seluruh masyarakat Kota Tasikmalaya untuk lebih masif menjaga diri serta bersatu melawan penyebaran Covid-19 di wilayah Kota Tasikmalaya,” ungkap Wali Kota Budi di Kantor Balekota Tasikmalaya, Jalan Letnan Harun Nomor 1 Kota Tasikmalaya, Selasa (14/4/2020).

    Penyebaran virus corona di wilayah Kota Tasikmalaya diakuinya sangat cepat karena banyak didatangi masyarakat dari zona merah Covid-19. Karea itu, langkah pengendalian harus terarah dan terukur agar virus ini tidak semakin merebak dan memakan korban.

    “Hal yang paling penting saat ini tetap menjaga jarak (social distancing), jaga jarak fisik (physical distancing), berdiam di rumah, rajin cuci tangan dengan sabun termasuk wajib menggunakan masker saat keluar atau bepergian. Ini kunci yang efektif memutus rantai covid-19 di Kota Tasikmalaya,” tuturnya.

    Budi Budiman yang juga Ketua Tim Gugus Tugas Penanganan Covid-19 Kota Tasikmalaya mengaku, pertambahan pasien positif Covid-19 terus menanjak. Hari demi hari selalu bertambah dan belum bisa disetop.

    “Perlu sangat diingatkan semua, posisi dan kondisi Kota Tasikmalaya saat ini, kalau mau jujur, sudah diambang zona merah Covid-19. Tentu ini sangat memprihatinkan sekali.

    Diambang Zona Merah Covid-19

    “Mulai saat ini, saya minta seluruh lapisan masyarakat serta stakeholder lainnya, wajib bersinergi untuk melakukan langkah-langkah strategis dengan secara masif supaya kita mampu mengerem dan memutus media penularan Covid-19 di wilayah Kota Tasikmalaya. Hari ini situasi sudah sangat sulit,” ujarnya.

    “Kita sudah diambang zona merah penularan Covid-19, ini sangat berbahaya dan merugikan semua. Pasalnya masyarakat sangat beresiko tinggi akan tertular virus mematikan ini, sehingga aksi-aksi pencegahannya pun wajib dilakukan secara masif dan tegas,” tegasnya.

    Menghadapi kondisi sulit saat ini, Budi Budiman meminta bantuan dan partisipasi aktif dari elemen masyarakat untuk membantu Pemerintah Daerah dalam berjuang menghadapi wabah virus corona ini.

    “Saya mohon dukungan dan bantuan dari semua pihak, untuk membantu kami dan masyarakat Kota Tasikmalaya melawan virus corona. Terutama alat pelindung diri (APD) seperti masker, baju hazmat, coverall, ventilator, kaca mata google dan lainnya. Kebutuhan APD ini, setiap hari sangat dibutuhkan sekali untuk menghadapi kemungkinan hal-hal yang terburuk dari dampak wabah Covid-19,” pungkasnya.

    (Seda/ars).

    Berita Terbaru

    spot_img