spot_img
Sabtu 18 Mei 2024
spot_img
More

    Di Pasar Panorama Lembang, Pemkab Bandung Barat Sebar 75 Ribu Masker

    BANDUNG, FOKUSJabar.id: Pemerintah Kabupaten (Pemkab) Bandung Barat mensosialisasikan penggunaan masker, social distancing dan physical distancing sebegai upaya pencegahan penyebaran Covid-19 kepada warga di Pasar Panorama Lembang, Jumat (10/4/2020). Bupati Bandung Barat, Aa Umbara Sutisna didampingi unsur Forum Komunikasi Pimpinan Daerah (Forkopimda) Bandung Barat terjun langsung dalam sosialisasi tersebut.

    Orang nomor satu di Kabupaten Bandung Barat itu didampingi Kapolres Cimahi AKBP Mochammad Yoris Maulana Yusuf,  Dandim 0609 Letkol ARH Teguh Waluyo, Ketua DPRD Kabupaten Bandung Barat Rismanto, Asisten Ekonomi dan Pembangunan Maman Sulaiman, Kepala Disperindag Ricky Riyadi, Kepala Dinas Kesehatan Hernawan Widjajanto, Kepala Dishub Ade Komarudin, camat Lembang dan pejabat lainnya. Menggunakan pengeras suara, Aa Umbara berkeliling pasar mengimbau para pengunjung dan pedagang di Pasar Panorama Lembang.

    “Selain mensosialisasikan pencegahan Covid -19, saya turun langsung untuk melihat secara langsung bagaimana kondisi di pasar. Apakah imbauan pemerintah sudah dilakukan atau belum,” ujar Aa Umbara, Jumat (10/4/2020).

    BACA JUGA: 150 Anggota Keluarga Kerajaan Saudi Terinfeksi Covid-19? 

    Dirinya melihat para pedagang sudah mematuhi anjuran pemerintah dengan menggunakan masker. Namun, masih ada ketidakpatuhan dari penerapan social distancing dan physical distancing di masyarakat.

    “Kami tidak akan lelah mengingatkan masyarakat untuk menerapkan jaga jarak. Ini bukan berarti memutus tali silaturahmi,  tapi untuk mencegah penularan virus corona,” terangnya.

    Secara khusus, dirinya meminta kesadaran semua warga untuk mematuhi imbauan pemerintah tersebut.Tidak hanya untuk kebaikan diri sendiri, tapi juga untuk orang lain.

    “Melindungi diri sendiri berarti melindungi orang di sekitar kita. Melindungi orang-orang yang kita cintai. Karena itu, patuhi penggunaan masker saat keluar rumah dan imbauan lain,” tambahnya.

    Pada kesempatan tersebut, Bupati pun secara simbolis menyerahkan bantuan masker kepada warga Pasar Panorama. Total masker yang dibuat Pemkab Bandung Barat untuk dibagikan kepada masyarakat sebanyak 75 ribu buah

    “Kemarin (Kamis, 9/4/2020) kita sudah bagikan 5.000 masker ke pedagang Pasar Panorama.  Dan hari ini, Alhamdulillah semua pedagang sudah mengenakan masker,” kata bupati. 

    Selain masker, diserahkan pula bantuan wastafel portable. Bupati meminta pengelola pasar dan paguyuban pedagang untuk memanfaatkan tempat cuci tangan tersebut.

    “Saya berharap wastafel portable ini dimanfaatkan secara baik. Masyarakat yang hendak masuk dan keluar dari pasar diupayakan mencuci tangan terlebih dahulu. Jika kurang, kita akan tambah lagi,” pungkasnya.

    (Ageng)

    Berita Terbaru

    spot_img