spot_img
Jumat 26 April 2024
spot_img
More

    Covid-19, Warga Diimbau Patuhi Protokol

    BANDUNG, FOKUSJabar.id: Jumlah warga yang terpapar virus Corona di Jawa Barat terus bertambah. Sekretaris Daerah (Sekda) Jawa Barat Setiawan Wangsaatmadja mengatakan, per Kamis (19/3) pukul 15.30 WIB, terdapat 26 warga yang positif Covid-19. Dari jumlah tersebut, kata dia, tiga orang di antaranya sembuh, dan dua lainnya meninggal dunia.

    “Pasien dalam pengawasan (PDP) ada 132, yang selesai dan bisa dinyatakan negatif ada 49 dan yang masih diawasi 83 orang,” kata Sekda di Gedung Sate Bandung, Jawa Barat, Kamis (19/3/2020).

    Pihaknya pun mencatat orang dalam pemantauan (ODP) sebanyak 1.412. Dari jumlah tersebut, terdapat 594 yang selesai, sedangkan sisanya masih dipantau. Dia pun terus melakukan penelusuran terhadap warga Jabar yang berpotensi terpapar, seperti seminar di Kabupaten Bogor dan jamaah yang mengikuti ijtima di Gowa, Sulawesi Selatan.

    Baca Juga : Corona, Museum Gedung Sate akan Ditutup

    “Tracing terus dilakukan. Kami lacak alamat-alamat yang mengikuti tabligh akbar di Malaysia, Sulawesi,” kata dia.

    Lebih lanjut Setiawan mengingatkan masyarakat agar senantiasa mematuhi protokol terkait pencegahan Covid-19. Selain harus mengikuti anjuran agar tidak ke luar rumah serta menjaga jarak dengan sesama (social distancing), menurut dia, masyarakat harus menjaga kebersihan terutama dengan rajin mencuci tangan.

    “(Ibadah shalat) Jumatan bisa dilakukan, tetapi dengan protokol covid-19. Apabila di sana ada yang terinfeksi, tidak dilakukan. Jarak dibatasi, protokol harus tetap dipatuhi, karpet dibersihkan,” kata dia.

    Menurut dia, apa yang harus dilakukan dalam protokol harus dipatuhi.

    “Ceramah jangan terlalu panjang, siapkan hand sanitizer, dan dianjurkan bawa sajadah sendiri,” kata dia.

    (LIN)

    Berita Terbaru

    spot_img