spot_img
Senin 6 Mei 2024
spot_img
More

    Diinisiasi SAP, PASI Kota Bandung Tingkatkan Kuantitas dan Kualitas Wasit Atletik

    BANDUNG, FOKUSJabar.id: Peningkatan kuantitas dan kualitas sumber daya manusia (SDM) terus diupayakan pengurus cabang (pengcab) Persatuan Atletik Seluruh Indonesia (PASI) Kota Bandung. Melalui inisiasi yang dilakukan Sekolah Atletik Pajajaran (SAP), pengcab PASI Kota Bandung menggelar Penataran Wasit Atletik Tingkat Dasar di SD Pasirkaliki 13, Jalan Somawinata, Cicendo, Kota Bandung.

    Kepala SAP, Lius Risnuwanto menuturkan, pelaksanaan penataran merupakan salah satu program keeja dari jajaran kepengurusan SAP di tahun 2020. Kegiatan pun menjadi salah satu upaya pihaknya untuk ikut meningkatkan kuantitas maupun kualitas SDM khususnya wasit atletik di Kota Bandung.

    “Kegiatan digelar selama 5 hari sejak Rabu (11/3/2020) hingga Minggu (15/3/2020) dan diikuti oleh 35 orang. Selain pemaparan teori terkait aturan pertandingan di cabang olahraga atletik, peserta pun akan langsung diuji dalam sebuah kejuaraan,” ujar Lius saat ditemui di sela-sela penataran, Kamis (12/3/2020).

    Para peserta pelatihan, lanjutnya, akan diuji dalam Kejuaraan Atletik SAP tahun 2020 yang menjadi rangkaian dari HUT SAP ke-9. Kejuaraan sendiri digelar pada Sabtu-Minggu (14-15/3/2020) di lintasan atletik Pajajaran, Kota Bandung.

    “Kejuaraan ini digelar se-Jawa Barat sehingga SDM wasit pun harus meningkat, berkompeten, dan berlisensi. Sehingga kejuaraan ini pun menjadi salah satu ujian terakhir bagi peserta, apakah mereka lulus atau tidak,” terangnya.

    Lius menambahkan, saat ini kompetensi wasit atletik di Kota Bandung masih kurang. Baik dari sisi kuantitas maupun dari sisi kualitas.

    Saat ini, Kota Bandung baru memiliki 5 orang wasit atletik dengan lisensi nasional. Namun dibalik itu, wasit atletik tingkat daerah justru masih sangat kurang.

    “Kondisi inilah yang menginisiasi kita menggelar acara pelatihan ini sehingga kompetisi yang dilakukan bisa didukung perangkat pertandingan yang kompeten. Rencana kita akan gelar pelatihan ini setoap tahun dan akan terus mendukung peningkatan kompetensi wasit hingga level internasional,” tegasnya.

    Sementara itu, Ketua Pengcab PASI Kota Bandung Tjuju Nurdin mengapresiasi inisiasi yang dilakukan SAP dengan menggelar pelatihan wasit tingkat dasar. Pelatihan menjadi hal yang sangat penting karena kuantitas maupun kualitas wasit atletik di Kota Bandung masih kurang.

    “Kami sangat terbantu dalam gelaran pelatihan wasit tingkat dasar yang diinisiasi SAP. Selama ini, untuk wasit atletik dalam kejuaraan-kejuaraan di Kota Bandung itu masih menggunakan jasa dari pelatih kota maupun Jabar. Tapi dengan pelatihan ini, wasit yang bertugas di kejuaraan pun lebih kompeten,” kata Tjutju.

    Kegiatan penataran wasit, lanjutnya, merupakan kegiatan pertama yang dilakukan melalui inisiasi SAP. Pihaknya pun berharap pelatihan ini bisa rutin digelar setiap tahun.

    “Wasit-wasit ini bisa bertugas di kejuaraan-kejuaraan tingkat kota atau bahkan Jabar. Kita terus dukung peningkatan kuantitas dan kualitas wasit,” pungkasnya.

    (Ageng)

    Berita Terbaru

    spot_img