spot_img
Jumat 19 April 2024
spot_img
More

    Pemprov Jabar Hibahkan Lahan untuk Universitas Persis

    BANDUNG,FOKUSJabar.id: Pemeritah Provinsi Jawa Barat menghibahkan sebidang tanah seluas 44.171 meter persegi di Desa Margaasih dan Cigondewah hilir kepada Pengurus Pusat (PP) Persatuan Islam (Persis).

    Lahan senilai Rp12.5 milyar yang sudah dibeli dari warga itu rencananya akan digunakan membangun Universitas Persis.

    Sebelumnya, aset Pemprov Jabar itu akan dipakai Tol Soroja, namun karena ada pergeseran trase tol, lahan itu kini diberikan kepada Persis, terlebih sesuai instruksi gubernur, tidak boleh ada lahan terlantar.

    Penyerahan hibah langsung dilakukan Gubernur Jabar Ridwan Kamil (Emil) kepada Ketum PP Persis Kyai Aceng Zakaria dengan menandatangani naskah perjanjian hibah. 

    Penandatangan disaksikan ribuan jamaah pengajian rutin Ahad di Masjid PP Persis, Kota Bandung, Minggu (8/3/2020).

    “Ini hari bersejarah dan bahagia karena Pemprov Jabar menghibahkan lahan yang In Sya Alloh akan dimanfaatkan untuk menyiapkan generasi Indonesia emas di 2045 yang siap bersaing. In Sya Alloh namanya Universitas Persis,” kata Emil.

    Emil mengatakan bahwa tugasnya sebagai pemimpin Jabar saat ini diniatkan untuk beribadah kepada Alloh Subhanahu Wata’la.

    Dia ingin kepemimpinannya bersama Uu Ruzhanul Ulum dapat memberikan manfaat bagi umat.

    Terlebih, kata dia, tugas pemimpin adalah membawa kemudahan bagi rakyatnya. Karena itu ada kebutuhan untuk mengembangkan SDM di lingkungan Persis, kebutuhan tanah, dan Alhamdulillah kita punya lahannya,” kata dia.

    Emil berharap tanah yang dihibahkan bisa bermanfaat tidak hanya bagi keluarga besar Persis, tetapi juga masyarakat umum lainnya.

    “Tanah ini saya titipkan, mudah-mudahan suatu hari nanti kita mendengar manfaatnya. Lulusan di sana (Uiversitas Persis) ada yang menjadi kyai-kyai ternama di Tanah Air dan dunia. Mudah-mudahan ada yang menjadi Gubernur Jawa Barat di masa depan, atau apapun namanya bisa menambah kebaikan ibadah kita,”  kata dia.harap Kang Emil.

    Ketua Umum PP Persis Kyai Aceng Zakaria mengungkapkan rasa bahagianya bertemu dengan Emil. 

    “Tentu saja kami keluarga Persis merasa bangga dan bersyukur atas kehadiran Kang Emil, bukan hanya hadir tapi juga memberikan hibah tanah,” kata Aceng. 

    Aceng mengungkapkan mimpi Persis memiliki sebuah universitas sudah dimulai 20 tahun lalu dan sekarang akan segera terwujud. 

    “Ini (hibah tanah) menjadi kebanggaan bagi kami dan modal besar bagi kami. Ini (Universitas Persis) memang mimpi kami sejak 20 tahun silam dan baru sekarang bisa terealisasi,” kata dia.

    (LIN)

    Berita Terbaru

    spot_img