spot_img
Minggu 26 Mei 2024
spot_img
More

    Muscab Gerakan Pramuka Ciamis Digelar, Nanang Permana Paling Berpeluang

    PANGANDARAN, FOKUSJabar.id : Kepengurusan Kwartir Cabang Gerakan Pramuka Ciamis sudah habis. Penentuan estafeta pimpinan Kwarcab, sedang berlangsung Jumat (6/3/2020) hingga Sabtu (7/03/2020) pada Musyawarah Cabang, di Hotel Sinar Rahayu 2 Kab. Pangandaran Ciamis.

    Pada ajang pemilihan Ketua Kwarcab Pramuka Ciamis ini, dua nama akan berduel memperoleh suara terbanyak. Dua nama ini sudah tidak asing bagi penggerak pramuka Ciamis. Yakni Didi Ruswendi dan Nanang Permana.

    Nanang Permana yang juga saat ini menjabat Ketua DPRD Ciamis, digadang – gadang sebagai calon yang paling bepeluang meneruskan estafeta Ketua Kwarcab Ciamis.

    Nanang, sebagai penggerak pramuka juga telah meraih karier gemilang di dunia politik. Dari gerakan pramuka, menjadi anggota DPRD, lalu menjadi Ketua DPRD dan memimpin Partai Demokrasi Indonesia Ciamis.

    Trackrecord ini diduga bakal menjadi pertimbangan bagi peserta terhadap Nanang Permana, sehingga Nanang memiliki peluang besar menjadi Ketua Kwarcab Ciamis.

    Kendati demikian Didi Ruswendi juga memiliki modal keterkenalan di anggota penggerak pramuka Ciamis.

    Pada pemilihan ketua ini, atmosfir politik tak jauh berbeda dengan pemilihan ketua Partai. Isu penggiringan, gerakan cari simpati, pun tak bisa dihindari. Bahkan, menguak isu bahwa Kepala Dinas Pendidikan Ciamis turut mengarahkan kepada salah satu kandidat.

    Dikonfirmasi melalui pesan WatshApp, Kepala Dinas Pendidikan Ciamis H. Tatang, membatah tudingan itu. Dia tidak melakukan seperti yang dituduhkan.

    “Bagi dinas pendidikan, siapapun yang memimpin Kwarcab Gerakan Pramuka Ciamis, adalah mitra kami. Semua kandidat adalah mitra, siapapun yang terpilih menjadi ketua kwarcab adalah mitra untuk pengembangan pendidikan kepramukaan di Kabupaten Ciamis,” kata Tatang.

    Humas Panitia Muscab XIV Kwarcab Gerakan Pramuka Tahun 2020, Indra Maulana mengatakan, musyawarah di buka oleh Bupati Ciamis Herdiat Sunarya, dan akan diikuti oleh delegasi Kwartir Ranting se-Kabupaten Ciamis.

    “Saya pikir isu di luar itu sebagai karakteristik berdemokrasi. Bukan politisasi ya. Mudah-mudahan di Muscab ini pemimpin terpilih nanti, bisa membawa gerakan pramuka Ciamis labih maju,” ujar Indra. (**).

    Berita Terbaru

    spot_img