spot_img
Sabtu 27 April 2024
spot_img
More

    Harga Cabe Kering Melonjak, Warga Menjerit

    CIAMIS, FOKUSJabar.id: Harga cabe merah kering di Pasar Manis Ciamis naik dari harga sebelumnya. Kenaikan harga cabe merah kering dipicu musim hujan.

    Salah seorang pedagang sayuran di Blok F Pasar Manis Ciamis, Yani menuturkan, kenaikan harga cabe  merah kering sudah terjadi dalam beberapa pekan terakhir. 

    “Biasanya saya jual cabe merah kering ini hanya Rp30 ribu per kilogram, tapi saat ini naik menjadi Rp60 ribu per kilogramnya,” kata Yani, Rabu (4/3/2020).

    Yani mengatakan, kenaikan harga cabe merah kering ini terjadi sejak hujan mulai mengguyur wilayah Ciamis dan sekitarnya. 

    “Mungkin karena musim hujan, jadi sulit menjemur cabe untuk dikeringkan sehingga harganya mengalami kenaikan,” ucapnya.

    Yani melanjutkan, selain cabe merah kering, kenaikan harga pun terjadi di cabe rawit kering. Bahkan kenaikan harganya melebihi harga cabe merah kering.

    Salah seorang warga, Nani (35) mengaku cukup kerepotan dengan kenaikan harga cabe kering. Baik cabe merah kering maupun cabe rawit kering.

    Sebagai penjual makanan yang menggunakan cabe merah dan cabe rawit kering, dirinya kesulitan dengan kenaikan harga tersebut Pasalnya, Ia harus menambah modal untuk membeli kebutuhanya tersebut.

    “Saya biasa jualan cireng pedas yang menggunakan bahan dasar cabe merah dan cabe rawit kering untuk menarik konsumen. Kalau menggunakan bahan lain, pelanggan suka komplen,” ujar Nani.

    Nani mengaku bingung dengan naiknya harga cabe merah dan cabe rawit kering karena harus mempertahankan rasa pedas yang disukai para pelanggannya.

    “Saya harap kenaikan cabe merah dan cabe rawit kering ini jangan berlarut-larut agar dagangan saya tetap laku,” harapnya.

    (Husen Maharaja/ars)

    Berita Terbaru

    spot_img