spot_img
Senin 20 Mei 2024
spot_img
More

    Peringati KAA, Disbudpar Kota Bandung Gelar Sayembara Kostum Reak dan Benjang

    BANDUNG, FOKUSJabar.id: Dinas Kebudayaan dan Pariwisata (Disbudpar) Kota Bandung, Jawa Barat gelar sayembara membuat kostum Reak dan Benjang untuk ditampilkan pada helaran Konferensi Asia Afrika (KAA), 18 April mendatang.

    Disbudpar mengajak para seniman se-Tanah Air untuk berpartisipasi dan kompetisi tersebut terbuka untuk umum. Baik itu pelajar, mahasiswa, maupun pekerja kreatif se-Indonesia.

    Desain kostum yang dibuat adalah kostum pemain lengkap. Mulai dari Nayaga, pemain Benjang Gelut, Penari Topeng Benjang, pembawa umbul-umbul, penari kuda kepang, topeng kesweh, pemain topeng Babadudan (Bubutaan), pemain Bangbarongan hingga busana Ma’lim dan pembawa Jampana.

    Kepala Bidang Ekonomi Kreatif Disbudpar Kota Bandung, Tris Avianti mengatakan, Reak dan Benjang dipilih karena merupakan kesenian khas dan telah ditetapkan sebagai Warisan Budaya Tak Benda Kota Bandung.

    Kedua jenis kesenian tersebut marak ditampilkan di Kota Bandung pada ajang-ajang kesenian rakyat. Khususnya di Bandung Timur.

    “Benjang dan Reak potensinya besar dan komunitasnya banyak. Tapi melihat kostum eksisting belum terlihat dengan bagus. Filosofinya karena ini seni rakyat jadi kostumnya kadang jadi ‘saayana’ (seadanya). Tapi Bandung kan Kota desain dan banyak orang kreatif. Jadi untuk mengangkat seni tradisional kita kolaborasi dengan desainer,” ucap Tris di Balaikota, Jalan Wastukencana Kota Bandung, Sabtu (29/2/2020).

    Tak tanggung-tanggung, Disbudpar juga menyediakan hadiah yang cukup menarik. Juara pertama akan mendapat uang tunai sebesar Rp15 juta. Sedangkan peringkat kedua dan ketiga berturut-turut sebesar Rp12,5 juta dan Rp10 juta. Ada pula dua hadiah favorit untuk pemenang keempat dan kelima sebesar Rp7,5 juta.

    Para desainer hanya perlu mengunggah hasil kreasinya melalui website di tautan s.id/karnavalbdg dan mengirimkan file cetaknya ke Kantor Disbudpar Kota Bandung di Jalan Ahmad Yani No.227, Bandung.

    “Nanti setelah ada pemenangnya, akan ada proses redesign oleh tim juri. Setelah itu kita akan buatkan prototype sesuai hasil redesign,” ucap Tris.

    Batas akhir pengumpulan karya adalah 7 Maret 2020 pukul 23.00 WIB. Informasi lebih lengkap dapat dilihat melalui tautan bit.ly/aafkostum.

    (Yusuf Mugni/Bam’s)

    Berita Terbaru

    spot_img