spot_img
Jumat 26 April 2024
spot_img
More

    Waduh! Duduk Lama di Kursi Mobil Dapat Mengurangi Kesuburan

    BANDUNG, FOKUSJabar.id: Dalam sebuah studi yang dilakukan para peneliti dari University of California, Amerika Serikat (AS) menunjukan duduk berlama-lama di kursi mobil dapat membahayakan kesehatan.

    Studi tersebut menyatakan busa yang digunakan pabrikan pada bantalan beberapa kursi mobil mengandung sejumlah zat tris phospate yang dikenal juga sebagai ‘chlorinated tris’ atau TDCIPP berbahaya yang dapat menyebabkan kanker hingga menurunkan tingkat keseburan.

    Meski dikenal sebagai karsinogen–zat pemicu kanker–banyak perusahaan terutama di industri otomotif, masih menggunakan TDCIPP sebagai salah satu bahan yang digunakan pada kursi mobil.

    Melanis CNN, Profesor David Volz dan timnya telah mempelajari efek yang dihasilkan TDCIPP dan bahan kimia serupa terhadap kesehatan sejak 2011 lalu. Namun, para peneliti baru mengetahui bahwa TDCIPP yang digunakan di kursi mobil juga menurunkan kesuburan.

    Dalam studi ini, para peneliti mengintervensi embrio ikan zebra dengan TDCIPP. Hasilnya, terlihat bahwa bahan kimia tersebut dapat mencegah perkembangan normal embrio.

    Temuan ini sama dengan penelitian sebelumnya pada manusia yang menemukan hubungan antara paparan TDCIPP dengan masalah kesuburan.

    (Agung)

    Berita Terbaru

    spot_img