spot_img
Selasa 7 Mei 2024
spot_img
More

    Jelang UNBK, SMAN 3 Bandung Gelar Try Out Bersama

    BANDUNG,FOKUSJabar.id: Menjelang pelaksanaan Ujian Nasional Berbasis Komputer (UNBK) SMA pada 30 Maret-2 April 2020 mendatang, SMAN 3 Kota Bandung, mengadakan kegiatan try out UNBK sejak Senin (3/1/2020) dan Selasa (4/1/2020).

    Kegiatan yang diikuti siswa kelas XII ini untuk mengasah kemampuan dan ketelitian siswa sebelum menjalani ujian nasional nanti.

    Berdasarkan pantauan fokusjabar.id, hanya lima kelas yang dipakai untuk try out ini, dalam setiap ruangan terdapat 40 unit komputer dengan satu server di setiap ruangannya.

    Sedangkan jumlah Jurusannya, untuk MIPA enam kelas, dan IPS satu kelas. Mewadahi lebih dari 200 siswa kelas XII.

    Kepala Divisi IT/ Teknisi Utama CBT SMAN 3, Yaddy Kusmayadi mengatakan, kegiatan try out ini dilangsungkan dalam dua sesi, pukul 06.30 dan pukul 16.00 wib.

    “Hari pertama mengujikan Bahasa Indonesia dan Matematika, sedangkan hari kedua Bahasa Inggris serta Mapel Peminatan,” ujarnya.

    Lebih lanjut Yaddy menjelaskan, untuk aplikasi yang digunakan dalam try out ini yakni Computer Based Test (CBT).

    “Awalnya aplikasi CBT dibuat untuk membiasakan anak-anak kami mengikuti UNBK. Malah aplikasi itu di kami sudah dipakai dari tahun 2008. Sejak mereka duduk di bangku kelas X sudah diperkenalkan, untuk pembelajaran di kelas,ulangan harian, quiz, dan lainnya,” kata Yaddy.

    Perlu diketahui, saat try out UNBK pertama di akhir tahun 2019 dengan aplikasi Skaci, satu user name bisa digunakan oleh beberapa orang, hal itu yang menjadi alasan SMAN 3 memilih memakai aplikasi sendiri pada try out kedua ini.

    “Makanya saat TO kedua ini, pihak sekolah oleh KCD Wilyah VII, dibebaskan memilih aplikasinya. Aplikasi ini dibuat semirip mungkin dengan pelaksanaan UNBK sesungguhnya,” tangkasnya (asep/dar)

    Berita Terbaru

    spot_img