spot_img
Jumat 19 April 2024
spot_img
More

    Bahas Palestina, Arab Saudi Tolak Iran Hadiri Rapat OKI

    IRAN, FOKUSJabar.id: Pemerintah Iran menyatakan Arab Saudi menolak delegasi mereka untuk menghadiri pertemuan Organisasi Kerjasama Islam (OKI) di Jeddah yang membahas rencana perdamaian Israel-Palestina, Senin (3/2/2020).

    Rencana perdmaian tersebut merupakat rancangan yg digagas oleh Presiden Amerika Serikat Donald Trump.

    Juru Bicara Kementerian Luar Negeri Iran Seyyed Abbas Mousavi mengatakan Saudi tidak mengeluarkan visa bagi delegasi Iran yang dipimpin oleh Wakil Menteri Luar Negeri Hossein Jaberi Ansari hingga menit-menit akhir jelang pertemuan.

    Atas penolakan itu, kata Mousavi, Iran mengirimkan nota protes ke sekretariat OKI di mana isinya juga akan didistribusikan kepada negara anggota.

    “Menyoroti penyalahgunaan Arab Saudi selaku tuan rumah kantor pusat OKI yang menghambat proses kegiatan, termasuk dengan membatasi partisipasi negara anggota hadir dalam pertemuan di Jeddah yang membahas Palestina. Dan mempertanyakan secara serius kompetensi rezim ini (Arab Saudi) selaku tuan rumah bagi pertemuan OKI,” kata Mousavi, seperti dilansir CNN.

    Iran menuding Saudi menyalahgunakan hak istimewa selaku tuan rumah OKI demi kepentingan politiknya sendiri.

    Trump telah mengungkapkan proposal perdamaian Israel-Palestina yang ia sebut ‘Kesepakatan Abad Ini’ pada pekan lalu.

    Dalam proposal yang digodok hampir tiga tahun itu, Trump menyatakan bahwa Yerusalem sepenuhnya akan menjadi ibu kota Israel. Sedangkan Palestina akan diberikan hak untuk mengelola Yerusalem Timur sebagai ibu kotanya jika kelak sudah berbentuk negara.

    (Agung)

    Berita Terbaru

    spot_img