spot_img
Monday 29 April 2024
spot_img
More

    Pemdes Sukamukti Akan Bangun Wisata Air

    BANJAR, FOKUSjabar.co.id: Pemerintah Desa Sukamukti, Kecamatan Pataruman, Kota Banjar, Jawa Barat, akan membuat wisata air di tahun 2021. Lokasi yang sudah disiapkan pemerintah desa seluas 4 hektare.

    Tanah yang rencananya akan dibangun untuk wisata air merupakan tanah milik desa di Dusun Muktiasih RT 3 RW 6, Desa Sukamukti, Kecamatan Pataruman, Kota Banjar.

    “Tahun 2021 nanti, mudah-mudahan (pembangunan) sudah mulai,” kata Kades Sukamukti, Budi Haryono, Rabu (22/1/2020)

    Kenapa wisata air yang dipilih dan akan dibangun, salah satu alasan untuk kebutuhan terutama memanfaatkan air dari pegunungan. Pasalnya, ada sumber air yang meski musim kemarau panjang tetap mengalir.

    “Yang paling utama itu air. Kami memanfaatkan air dari pegunungan,” ungkap Budi.

    Saat ditanya soal anggaran yang nantinya disiapkan untuk membuat wisata air, kata Budi, nanti bisa dari Dana Desa (DD). Tahun 2021, kata dia, anggaran yang disiapkan dari DD kurang lebih Rp1-1,5 milyar. Kata dia, pemerintah kota Banjar pun bisa membantu pembangunan wisata air dari APBD.

    “Paling dari DD anggarannya,” ungkap Budi.

    Budi mengatakan, site plan dibuat mahasiswa Universitas Galuh Ciamis. Dia berharap dengan adanya wisata air, dapat meningkatkan perekenomian warga. Pasalnya, tidak jauh dari lokasi yang akan dibangun wisata air, banyak warga yang memproduksi makanan seperti sale dan semprong.

    “Harapan saya nanti perekonomian masyarakat meningkat selain PAD,” harapnya.

    (Agus/ars)

    Berita Terbaru

    spot_img