Selasa 22 September 2020

Tak Terdaftar di Kota Bandung, Sunda Empire Justru Diakui Pemkab Subang

BANDUNG, FOKUSJabar.id: Kepala Bidang Politik Dalam Negeri dan Organisasi Masyarakat Kota Bandung Inci Dermaga mengatakan, kelompok Sunda Empire – Earthe Empire tidak terdaftar dalam pendirian organisasi di Kesatuan Bangsa dan Politik (Kesbangpol) Kota Bandung.

“Perlu di garis bawahi, secara administrasi, organisasi tersebut (Sunda Empire) tidak ada di kota Bandung, di Kesbangpol tidak tercatat karena dari sisi prosedural juga tidak mereka daftakan ke kami,” ujar Inci di Balai Kota Bandung, Sabtu (18/1/2020).

Ia mengatakan, kelompok Sunda Empire pernah melakukan kegiatan di Universitas Pendidikan Indonesia (UPI) Kota Bandung pada 2017 dan 2018 lalu.

“Pertama, kita sepakat jika dari sisi administrasi tidak ada di Kota Bandung dan kedua, kami lakukan komunikasi dengan jajaran Komimda bahwa kegiatan mereka ini dilakukan beberapa tahun ke belakang dari 2017 dan 2018. Baru muncul saat ini ketika viral pertama di Facebook,” jelasnya.

Menurutnya, pihak kepolisian dan instansi terkait pernah menegur organisasi Sunda Empire lantaran menggunakan atribut di lingkungan kampus.

“Kegiatan mereka telah di awasi dan ditindak oleh instansi yang berwenang, misalkan penelusuran atau penyelidikan seragam,” katanya.

Selain itu, Inci mengaku telah mendapatkan kabar jika organisasi Sunda Empire terdaftar di Kesbangpol Kabupaten Subang dan keberadaan perkumpulan Sunda Empire diakui pemkab Subang dengan nomor 225-32- 12/18/IV 2015.

Pihaknya masih melakukan koordinasi dengan Kesbangpol Kabupaten Subang untuk memastikan kebenaran dan asal para anggota organisasi tersebut. Pasalnya, mereka melakukan aktivitas di Kota Bandung.

“Itu informasi yang kami dapat, jadi kami belum mendapatkan konfirmasi lebih lanjut. Kami juga sudah lakukan melalui komunikasi dan belum dapat jawaban karena mereka masih mengecek,” pungkasnya.

 

(Yusuf Mugni/ars)

Artikel Lainnya

Dalam 5 hari, Pasien Positif Corona di Kota Banjar Tembus 8 orang

BANJAR,FOKUSJabar.id: Sebanyak 8 orang terkonfirmasi positif Covid-19 di Kota...

Saingi Gojek, Bos AirAsia Tony Fernandes Bikin SuperApp

JAKARTA,FOKUSJabar.id: CEO AirAsia Tony Fernandes dikabarkan sedang menyiapkan superapp yang akan menyaingi Gojek dan Grab, Senin (21/9/2020). Tony Fernandes mengatakan telah menyiapkan model bisnis baru...

Permen PUPR 14/2020, Peluang Perusahaan Jabar Dominasi Proyek PUPR

BANDUNG,FOKUSJabar.id: Kehadiran Peraturan Menteri (Permen) Pekerjaan Umum dan Perumahan Rakyat (PUPR) Nomor 14 tahun 2020 tentang Standar dan Pedoman Pengadaan Jasa Konstruksi Melalui Penyedia,...

Komunitas Skateboard Ciamis Minta Pemerintah Bangun Skatepark

CIAMIS,FOKUSJabar.id: Komunitas Skateboard Ciamis minta Pemerintah lebih peka memperhatikan fasilitas untuk aktivitas komunitas di Ciamis. Salah satunya fasilitas sketepark ataupun setidaknya obstakel untuk komunitas skateboard...

Bank bjb Bagikan Tandamata kepada Pemenang Penghargaan Nasabah Setia 2020

BANDUNG,FOKUSJabar.id: Bank bjb mempersembahkan Tanda mata berupa hadiah-hadiah kepada para nasabah setia. Hadiah tersebut diberikan kepada pemenang Program Penghargaan Nasabah Setia 2020. Pemimpin Divisi Corporate...

DPRD Pangandaran Minta Bawaslu Perhatikan Medsos

PANGANDARAN,FOKUSJabar.id: Pelaksanaan Pilkada Pangandaran kampaye pasangan calon sudah dilakukan secara pribadi oleh para pendukung baik itu secara terbuka maupun secara tertutup dengan media sosial (Medsos).  Ketua...

Tanpa 3 Pemain Anyar, Chelsea Pede Jamu Liverpool

INGGRIS,FOKUSJabar.id: Laga big match antara Chelsea kontra Liverpool pada pekan kedua Premier League musim 2020-2021 akan tersaji Minggu (20/9/2020) pukul 22.30 WIB. Menjamu Liverpool...