spot_img
Tuesday 30 April 2024
spot_img
More

    Jadi MWA UPI, Agum: Saya Tak Akan Kecewakan Kepercayaan dan Kehormatan Ini

    BANDUNG,FOKUSJabar.id: Majelis Wali Amanat (MWA) UPI masa bakti 2020-2025, diisi oleh berbagai unsur dan kalangan. Tidak hanya dari unsur tenaga kependidikan dan senat akademis, namun juga unsur masyarakat hingga pemerintahan.

    Salah seorang anggota MWA UPI 2020-2025 dari unsur masyarakat yakni Agum Gumelar. Seperti diketahui, Agum Gumelar merupakan pensiunan Jenderal TNI bintang empat yang sudah malang melintang di dunia pemerintahan.

    Semasa aktif di TNI, purnawirawan jenderal bintang empat TNI kelahiran Tasikmalaya ini sempat memegang jabatan penting. Salah satunya menjadi Komandan Jenderal Komando Pasukan Khusus serta Gubernur Lemhanas.

    BacaJuga: 24 Mahasiswa STIE Yasa Anggana Garut KKN-PPM di Desa Tenjonagara

    Di pemerintahan, sosok jenderal ramah yang menghabiskan masa mudanya di Bandung ini pun pernah menduduki jabatan menteri. Sejak dari Presiden Megawati Soekarnoputri, Abdurahman Wahid, hingga Presiden Joko Widodo (Jokowi).

    Diantaranya menjadi Menteri Perhubungan dan Menteri Koordinator Politik, Sosial dan Keamanan. Di masa kepemimpinan Presiden Jokowi, lulusan Akademi Militer Nasional (AMN) Magelang tahun 1969 ini pun pernah menjabat sebagai anggota Dewan Pertimbangan Presiden (Watimpres).

    Kini, pria yang lahir 17 Desember 1945 ini menjadi anggota MWA UPI 2020-2025 yang memiliki seabreg tugas sesuai Pasal 19 Peraturan Pemerintah Nomor 15 Tahun 2014 tentang Statuta Universitas Pendidikan Indonesia (UPI). Mulai dari menetapkan kebijakan umum, mengesahkan rencana pengembangan jangka panjang, rencana strategis, serta rencana kerja dan anggaran tahunan, hingga melakukan penjaringan calon Rektor, melakukan Pemilihan Rektor, mengangkat dan memberhentikan Rektor, hingga melakukan penilaian atas kinerja Rektor.

    “Saya memang awalnya terus di-approach dan diminta untuk menjadi anggota MWA UPI 2020-2025. Sebelumnya saya berpikir, apakah saya mampu karena sudah terlalu banyak gawe saya diluar. Kalau ditambah lagi, maka semakin banyak dan tambah juga tanggungjawab,” ujar Agum saat ditemui usai acara Pisah Sambut di Auditorium FPBE, kampus UPI, Jalan Setiabudi Kota Bandung, Selasa (14/1/2020).

    Namun karena tanggungjawab yang diberikan merupakan amanah, Agum pun menerima amanah tersebut sebagai salah satu bentuk kepercayaan dan kehormatan. Apalagi
    setelah ada surat keputusan dari menteri yang menetapkan saya menjadi anggota MWA UPI 2020-2025.

    “Dan ketika sesorang, termasuk saya, mendapatkan kepercayaan dan kehormatan seperti ini, maka tekad pertama dalam hati saya adalah saya akan berusaha untuk tidak mengecewakan kepercayaan dan kehormatan ini,” tegasnya.

    Berikut jajaran MWA UPI masa bakti 2020-2025
    1. Menteri Pendidikan dan Kebudayaan
    2. Rektor UPI
    3. Gubernur Jawa Barat
    4. Agug Gumelar
    5. Agun Gunandjar Sudarsa
    6. Ahmad Saefudin
    7. As’ad Said
    8. Dudu Duswara
    9. Rohmat Wahab
    10. Selly Andriani Gantina
    11. Yayat T. Soemitra
    12. Idrus Affandi
    13. Juju Masunah
    14. Tatat Hartati
    15. Boyke Mulyana
    16. Rizki Rosjanuardi
    17. Sofyan Iskandar
    18. Suryana
    19. Tatang Muhtar
    20. Yayat Sudaryat
    21. Antonius Kelikawe

    (ageng)

    Berita Terbaru

    spot_img