spot_img
Sabtu 20 April 2024
spot_img
More

    BIJB Siap Disurvei Arab Saudi untuk Embarkasi Haji

    BANDUNG, FOKUSJabar.id: PT. Bandara Intenasional Jawa Barat (BIJB) siap disurvei oleh Arab Saudi sebagai bandara yang akan memberangkatkan calon jemaah haji.

    Hal tersebut menindaklanjuti keputusan Kementerian Agama yang resmi menunjuk Bandara Kertajati, Majalengka sebagai embarkasi/debarkasi haji.

    Direktur Utama PT BIJB, Salahudin Rafi mengatakan, bandara telah diperiksa secara langsung oleh Menteri Agama, Fachrul Razi, Selasa (7/1/2020). PT BIJB siap untuk pemberangkatan haji mendatang.

    Baca Juga: KPU Kabupaten Sukabumi Sebut Daftar Pemilih Krusial dalam Pemilu

    “ Secara umum untuk penyelenggaraan umrah dan haji Kertajati sudah siap. Kertajati Internasional Airport sudah siap. Tak hanya penerbangan haji saja,” katanya.

    Rencannya kata Salahudin, GACA (General Authority of Civil Aviation) Arab Saudi akan melakukan survei akhit Januari ini, kemudian akan menyiapkan semua kebutuh untuk survei.

    “ Persyaratan bandara internasional kami sudah siap, nggak ada masalah,” tuturnya.

    Sementara itu Wakil Gubernur Jawa Barat, Uu Ruzhanul Ulum menerima Surat Keputusan (SK) Penetapan Bandara Internasional Jawa Barat sebagai bandara Embarkasi/Demarkasi Haji 2020 dari Menteri Agama RI Fachrul Razi.

    Menteri Agama Fachrul Razi mengatakan bahwa Bandara Kertajati sudah siap dan layak digunakan sebagai Embarkasi/Debarkasi Haji 2020. Dia juga mengingatkan kepada pengelola BIJB Kertajati bahwa GACA (General Authority of Civil Aviation) Arab Saudi akan melakukan survei.

    “Alhamdulillah hari ini kita putuskan bersama kalau bandara akan kita gunakan sebagai lapangan Embarkasi/Debarkasi Haji 2020,” ucapnya.

    Fachrul berharap BIJB Kertajati semakin terkenal setelah menjadi Embarkasi/Debarkasi Haji 2020.

    Sementara Nizar mengatakan, kuota jemaah haji Jabar pada 2020, yakni 38.852 jemaah. Jumlah ini tergabung 97 kelompok terbang (kloter) ini menggunakan jenis pesawat Boeing 777 yang bisa menampung sekitar 393 penumpang sekali terbang.

    ” Inilah saat yang ditunggu-tunggu muslim Jabar, penetapan BIJB Kertajati sebagai Embarkasi/ Debarkasi Haji,” tutur dia.

    (AS)

    Berita Terbaru

    spot_img