spot_img
Sabtu 27 April 2024
spot_img
More

    Anak Sungai Kawasen Meluap, Puluhan Rumah Terendam

    CIAMIS, FOKUSJabar.id: Sejumlah rumah milik warga Dusun Kubangpari Desa Ciherang Keacamatan Banjarsari Kabupaten Ciamis tergenang air dengan ketinggian 30-50 cm. Banjir yang menggenangi rumah warga berasal dari luapan anak Sungai Kawasen.

    Kepala Pelaksana BPBD Kabupaten Ciamis, H. Soekiman menuturkan, air di anak sungai Kawasen meluap setelah hujan deras mengguyur wilayah Kecamatan Banjarsari dan sekitarnya pada Sehnin (6/1/2020) malam kemarin. Air meluap karena anak sungai Kawasen mengalami pendangkalan.

    “Akibat curah hujan dengan intensitas tinggi yang menguyur wilayah Kecamatan Banjarsari dan sekitarnya tidak tertampung kondisi sungai Kawasen yang mengalami pendangkalan. Air pun meluap sehingga menggenangi perkampungan yang ada dibantaran sungai itu,” ujar Soekiman, Selasa (7/1/2020).

    Soekiman melanjutkan, hingga siang ini, air dari luapan anak Sungai Kawasen masih menggenangi sejumlah kawasan di Kecamatan Banjarsari, terutama di Dusun Kubangsari.

    “Akibat luapan air anak Sungai Kawasen tersebut, merendam puluhan rumah yang ditempati sekitar 150 kepala keluarga di sepanjang aliran anak sungai kawasen tersebut,” pungkasnya.

     

    (Husen Maharaja/ars)

    Berita Terbaru

    spot_img