spot_img
Sabtu 27 April 2024
spot_img
More

    Ozil Bela Muslim Uighur, Warganet Cina Berang

    BANDUNG, FOKUSJabar.id: Mesut Ozil baru-baru ini membuat unggahan yang cukup menghebohkan. Punggawa Arsenal itu menulis unggahan yang memberi dukungan kepada muslim Uighur. Postingan itu sebagai bentu kekecewaan karena negara-negara yang bermayoritas muslim, seakan tidak membantu saudara-saudara mereka yang ada di Cina.

    “(Di Cina) Qur’an dibakar, masjid ditutup, sekolah-sekolah teologi Islam, madrasah dilarang, cendekiawan agama dibunuh satu per satu. Terlepas dari semua ini, Muslim tetap diam,” kata dia di akun Instagram-nya.

    Unggahannya di akun Instagram pribadi itu memicu perdebatan panjang. Terutama dari fans dia dan Arsenal yang berasal dari Cina.

    Baca Juga: Ini Kata Siswanto Setelah Dikabarkan Mundur dari PSKC

    Tieba, sebuah forum online terkenal di Cina sudah menutup fan page Ozil. Bahkan, Dong Qui Di, forum online terbesar di Cina sampai mengeluarkan sebuah pernyataan. Bunyinya: “Pernyataan dia menyakiti hati orang-orang Cina. Sebuah sikap yang tidak akan pernah bisa diterima.”

    “Sebagai media sepak bola dan warga China, kami sangat mengutuk perbuatan tersebut,” tambah laman berita itu.

    Sementara manajemen Arsenal juga angkat bicara perihal unggahan Ozil soal muslim Uighur di China. Perwakilan The Gunners – julukan Arsenal – menyebutkan bahwa apa yang ditulis Ozil adalah pernyataan pribadi dan tidak ada sangkutpautnya dengan klub.

    “Konten yang diungkapkan sepenuhnya adalah pendapat pribadi Ozil. Sebagai klub sepakbola, Arsenal selalu menganut prinsip tidak terlibat dalam poltik,” tulis pernyataan resmi Arsenal yang dimuat di media sosial yang populer di China, Weibo, mengutip dari BBC, Minggu (15/12/2019).

    (Vetra)

    Berita Terbaru

    spot_img