spot_img
Selasa 16 April 2024
spot_img
More

    UMK Jabar Dinilai Terlalu Tinggi , 100 Pabrik di Jabar Pindah ke Jateng

    JAKARTA, FOKUSJabar.id: Sedikitnya 100 perusahaan padat karya di Jawa Barat pindah ke Jawa Tengah. Hal ini diamini Gubernur Jawa Barat Ridwan Kamil (Emil).

    Emil menyatakan pabrik-pabrik itu meninggalkan Jawa Barat lantaran tak kuat dengan beban upah yang ditetapkan.

    “Selama ini sudah ada 100-an lebih pabrik dari Jawa Barat pindah ke Jawa Tengah,” tutur pria yang akrab disapa Kang Emil di Gedung Transmedia, Selasa (26/11/2019).

    Emil melanjutkan, sebagai pemimpin di Jawa Barat ia sangat menyayangkan kejadian tersebut. Dia bilang, ini merupakan sebuah tragedi yang menimpa Jawa Barat.

    “Rezeki buat Pak Ganjar (Gubernur Jateng), menjadi tragedi buat kami karena upah,” kata emil, seperti dilansir Detik, selasa (27/11/2019).

    Untuk menghindari semakin banyaknya pabrik yang pindah, Emil menetapkan Upah Minimum Kota/ Kabupaten (UMK) melalui surat edaran. Hal itu dimaksudkan agar pengusaha yang tak kuat dengan beban upah yang ditetapkan bisa bernegosiasi dengan para pekerjanya.

    “Dengan surat edaran pabrik-pabrik itu tidak usah pindah, cukup menegosiasikan dengan buruh-buruhnya upah yang cocok. Nah kalau pakai surat keputusan semua padat karya yang di bawah UMK kena pidana,” ujar Emil.

    Dia tidak ingin, semakin banyak pabrik yang pindah meninggalkan Jawa Barat karena akan berisiko meningkatkan angka pengangguran di Provinsi Jawa Barat.

    (Agung)

    Berita Terbaru

    spot_img